by

AKBP Bambang Dihadiahi Puisi “Pahlawan Toleransi”

Dinilai Menjunjung Toleransi Beragama
Malam Perpisahan di Warkop Berkesan

AKBP Bambang Kusnarianto

TOBOALI – Malam perpisahan Kapolres Bangka Selatan AKBP Bambang Kusnarianto bersama tokoh agama, masyarakat, pemuda serta Insan Pers di Bangka Selatan Kamis (15/3/2018) malam di Warkop KPK Toboali menjadi malam yang begitu berkesan.

Suasana haru, sedih, canda dan tawa bercampur pada kegiatan yang diinisiasi oleh Forum Masyarakat Bangka Selatan bersatu (FMBS) malam itu.

Perjalanan 1 tahun bersama Kapolres Bangka Selatan AKBP Bambang Kusnarianto terasa begitu singkat hingga dirinya kembali dipindahtugaskan menjadi Kabag RBP Polda Jawa Barat. AKBP Bambang Kusnarianto akan digantikan oleh AKBP Aris Sulistyo dari Polda Bangka Belitung.

Tokoh masyarakat Basel, H Keling merasa tak percaya mendengar kabar Kapolres Basel akan dipindahtugaskan ke Polda Jabar. Menurutnya, masyarakat Basel sudah merasa dekat dengan AKBP Bambang K yang dinilai mampu menjaga stabilitas dan mewujudkan sinergitas di Bangka Selatan. Namun masyarakat Basel juga harus menghormati jejang karir AKBP Bambang yang lebih baik lagi.

Tokoh agama, H Zahirin menyampaikan hal yang sama bahwa Kapolres Basel AKBP Bambang dinilai sangat menjunjung toleransi beragama, sehingga mampu menciptakan kerukunan beragama di Basel yang kondusif.

Senada dikatakan Staf Ahli Bupati, Budi Setyo yang turut hadir dalam acara tersebut menilai AKBP Bambang K layak disebut sebagai pahlawan toleransi di Bangka Selatan. Dari sisi agama, Kapolres Basel yang beragama Kristen ini yang menginisiasi kembali dan mengaktifkan kegiatan itikaf yang telah hampir 7 tidak pernah dilaksanakan.

“Beliau dari agama Kristen yang mengaktifkan kembali kegiatan itikaf, yang kebetulan saya hadir ketika itu, Pak Bambang telah membangun komunikasi yang sangat baik bagi seluruh elemen masyarakat Bangka Selatan, sehingga memang layak disebut sebagai pahlawan toleransi. Namun kita juga harus menghormati jenjang karir beliau yang dipindahtugaskan, selamat bertugas AKBP Bambang K ditempat yang baru,” jelas Budi.

Pada malam itu juga, Sekretaris Pemuda Pancasila Bangka Selatan M Rosidi menghadiahkan sebuah puisi yang berjudul “Pahlawan Toleransi” kepada Kapolres Basel.

Sementara itu, Kapolres Basel AKBP Bambang Kusnarianto berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat. Bangka Selatan dibawah kepemimpinannya berjalan dengan kondusif. Hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh masyarakat Bangka Selatan yang telah menciptakan suasana yang kondusif.

“Saya datang ke sini, tujuannya untuk bekerja dengan baik, mendampingi Bapak Bupati Basel serta Forkopimda Basel mewujudkan Bangka Selatan yang maju. Basel harus kita jaga bersama-sama agar maju dan berkembang,” kata Bambang.

Ia mengatakan, Bangka Selatan merupakan cerminan budaya timur Indonesia. Semua masyarakat baik dari agama dan suku di Bangka Selatan ada. “Kata orang, Bangka Selatan itu karakternya cukup keras, ternyata tidak, Basel adalah budaya timurnya Indonesia, semuanya ada di Basel, bagaimana kita bisa menciptakan kondisi yang kondusif, harus diawali dari kita sendiri, mulailah dengan menghargai dan menghormati orang lain, hargai, hormati serta toleransi, kunci untuk menciptakan hubungan yang harmonis dan sinergi,” pungkasnya.

Selain kesan dan pesan, acara tersebut juga diisi dengan pemberian hadian dari Forum Masyarakat Basel Bersatu serta plakat dari Pokja Jurnalis Basel. Perpisahan itu juga diisi dengan penampilan music akustik KPK yang menambah suasana menjadi meriah. Selamat bertugas di tempat yang baru tokoh toleransi Bangka Selatan AKBP Bambang Kusnarianto. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU