by

Airgegas Dapat Kucuran Rp10,7 Miliar dari Kemendes

Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer, saat menerima bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia untuk dialokasikan ke Kecamatan Airgegas tahun 2019. (foto: ist).

Jadi Kawasan PPN Lada Putih di Basel

TOBOALI – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel) menerima bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia untuk dialokasikan ke Kecamatan Airgegas tahun 2019.

Bantuan tersebut, dikucurkan pemerintah pusat melalui Kemendes PDTT karena Kecamatan Airgegas sudah ditetapkan sebagai kawasan perdesaan yang menjadi Kawasan Pembangunan Prioritas Nasional (KPPN) Lada putih di Kabupaten Bangka Selatan.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) Benny Supratama melalui Kabid PMD Very Mukmin kepada wartawan kemarin (20/2/2019).

Menurut Very, berdasarkan data dari Kemendes RI yang diserahkan pada acara di Grand Mercure Harmoni Jakarta pada 18 – 20 Februari 2019 kemarin, bantuan untuk ditempatkan di Kecamatan Airgegas sebagai Kawasan Lada Putih Nasional berjumlah enam jenis dengan total bantuan sebesar Rp10,7 Milyar.
“Alhamdulillah Kabupaten Bangka Selatan tahun 2019 mendapat bantuan dari Kemendes untuk ditempatkan kecamatan Airgegas dengan total Rp 10,7 Miliar,” ujar Verry.

Ia menjelaskan, bantuan tersebut terdiri dari bantuan pengolah pasca panen hasil pertanian dan mesin pengolah lada putih sebesar Rp500 juta, pembangunan Kios sebesar Rp200 juta, pembangunan Embung desa Sebesar Rp800 juta, Sarana dan Prasarana air bersih sebesar Rp450 juta, unit usaha berbasis komunitas (UBK) untuk Bumdesma berupa alat senilai Rp150 juta dan berupa modal sebesar Rp50 juta, dan pembangunan jalan hotmix desa sebesar Rp8,6 milyar.

Ia mengatakan, Bupati Basel Justiar Noer telah menerima hasil dokumen pembangunan kawasan perdesaan yang telah disusun oleh tim Intsitut Pertanian Bogor (IPB) yang bekerjasama dengan kementerian desa PDTT.

Bantuan tersebut, tambah dia, diperoleh berkat kerjasama dari berbagai OPD terkait di lingkungan Pemkab Basel seperti Bapedda Basel, DSPPPAPMD melaui Bidang PMD dan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Basel dalam rangka untuk mencapai visi dan misi Bupati Bangka Selatan yakni maju, sejahtera dan berdaya saing. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU