Adat Penganten Pongok Meriahkan Hari Jadi Basel ke-14

  • Whatsapp


Adat penganten Pongok menghiasi Hari Jadi Bangka Selatan (Basel) ke-14 di Kecamatan Kepulauan Pongok, Sabtu (4/3/2017). Ragam pementasan seni tradisional semakin menyemarakkan perayaan yang digelar di Pantai Batu Tambun itu. Bupati Basel Justiar Noer beserta rombongan disambut prosesi ala penganten pongok.

Triyadi

Justiar Noer dan Wakil Bupati, Riza Herdavid, diangkat dan diarak warga Pongok dan Celagen menggunakan replika perahu bebentuk penyu menuju Pantai Batu Tambun.Keduanya diangkat dengan replika menyerupai penyu yang dinamakan Juli. Bupati, Wakil Bupati serta Sekda Basel Suwandi disematkan semacam topi yang disebut Sindeng, dulunya digunakan oleh pengantin pria.

Muat Lebih

Camat Kepulauan Pongok, Triyadi mengungkapkan pihaknya akan menggelorakan kembali kegiatan adat penganten pongok yang sudah hampir 40 tahun sudah tidak pernah muncul.

“Salah satu adat istiadat penganten pongok berusaha kita munculkan kembali agar tetap terjaga yang menjadi ciri khas tersendiri bagi daerah ini, dan pasti bisa menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan,” imbuhnya.

Triyadi juga berharap, dengan segala keterbatasan, lokasi tempat pelaksanaan ini, Pantai Batu Tambun ini bisa menjadi destinasi wisata favorit sebagai wisata bahari. Kecamatan Pongok juga menyimpan objek wisata bahari menakjubkan lainnya seperti terumbu karang kapal tenggelam dan Pulau Salma dengan hewan penyu yang alami.

Sementara, Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer mengajak seluruh elemen untuk bahu membahu dan bekerja sama untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Bangka Selatan.

“Wisata Bahari di Desa Pongok dan Celagen ini sangat menjanjikan, dapat membawa kemajuan pariwisata Bangka Selatan. Sekaligus, bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat kita, kita akan kembangkan sektor pariwisata sebagai sektor unggulan di Bangka Selatan,”ujar Justiar.

Sebelumnya, panitia telah mengadakan lomba kreasi mpek mpek Pongok, Jumat (3/3/2017). Sabtu siang perlombaan dilanjutkan dengan lomba dayung ketok dan lomba kayau tutup fiber di perairan Pantai Batu Tambun Desa Pongok.
Jajanan khas Pongok, kreasi daur ulang, dan kegiatan melukis pesan lingkungan hidup pada tempat sampah pun turut mewarnai perayaan tersebut.

Selain itu, kegiatan mancing tradisional dan arak-arakan teluk serujo dan karnaval perahu juga memeriahkan Hari Jadi Basel di kecamatan kedelapan ini. (raw/10)

Pos terkait