Ada Pungli, Walikota Minta Warga Lapor

  • Whatsapp

Tim Satgas Saber Pungli Diminta Peka

PANGKALPINANG – Pemkot Pangkalpinang berkomitmen memberantas pungutan liar (pungli) dalam rangka memberikan pelayanan yang baik dan bersih bagi masyarakat. Plt Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian meminta kepada masyarakat bila mendapati adanya praktek pungli dapat melaporkan ke nomor yang tersedia.

“Untuk mempermudah masyarakat yang ingin melaporkan praktek pungli maka kami akan berikan Layanan khusus kepada masyarakat melalui email: saberpunglipkp@gmail.com dan melalui kontak person 082279455500 yang nantinya akan disebarkan di spanduk di masing masing instansi,” kata Sopian kepada wartawan, belum lama ini.

Ia sangat berharap kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam mengawasi dan melaporkan aktivitas pungli yang terjadi di lingkungan Pemkot Pangkalpinang untuk mendukung Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Pangkalpinang dalam memberantas praktek pungli.

Menurutnya, pungutan liar adalah merupakan penyakit yang sudah lama ada dan bahkan sudah mendarah daging, maka oknum oknum tertentu ini harus bina dan sudah menjadi perhatian presiden sehingga ada keseriusan untuk mengatasi permasalahan ini.

“Maka dari itu keseriusan presiden ini kami teruskan dengan membentuk tim Satgas Saber Pungli di Kota Pangkalpinang,” kata mantan Camat Rangkui ini.

Ia menambahkan berdasarkan Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Saber Pungli setiap pungutan tanpa berlandaskan aturan yang jelas disebut pungutan liar walaupun nominalnya Rp1000.

“Ini sebagai komitmen bersama. Ini menjadi perhatian karena pungutan liar itu tidak melihat besar kecilnya, namun perilaku yang dapat merusak mental seluruh yang ikut dalam kegiatan pungli tersebut,” kata Sopian.

Karena itu, Sopian mengimbau, setiap fungsi tim harus diterapkan, baik mulai dari fungsi intelijen, pencegahan maupun penindakan sehingga hasilnya nanti akan optimal.

“Selain itu tim saber tidak hanya terfokus untuk mencari tempat yang diindikasikan terjadinya tindak pungli, namun harus terbuka dan peka terhadap laporan masyarakat terkait terjadinya pungutan liar,” harapnya.(bum/10)

Related posts