Ada Pungli di Lapas dan Imigrasi, Laporkan !!

  • Whatsapp
Kepala Kemenkum dan HAM Babel, Bambang Palasara berserta staf berfoto bersama dibelakang baleho deklarasi janji kinerja, Selasa (foto bum)

Bambang : Akan Kita Pecat
Kemenkum dan HAM Babel Deklarasi Janji Kinerja

PANGKALPINANG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkum dan HAM) Bangka Belitung (Babel) mencanangkan Deklarasi Janji Kinerja Tahun 2017, Selasa (3/1/2017). Deklarasi itu digelar secara serentak di seluruh Indonesia oleh semua kantor wilayah, baik di Unit Eselon 1 maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Deklarasi itu mempunyai tujuan untuk evaluasi dan koreksi diri dengan harapan agar mampu menghadirkan motivasi dan semangat tinggi dengan cara melakukan pengabdian dengan kerja keras, kerja cerdas dan ikhlas untuk tugas dalam menyukseskan reformasi hukum dan e-government.

Kepala Kemenkum dan HAM Babel, Bambang Palasara mengatakan ada lima janji dalam deklarasi tersebut yakni melaksanakan tugas dan fungsi secara PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif). Memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal untuk mendukung terlaksananya reformasi hukum. Melakukan percepatan dalam pencapaian kinerja yang menjadi target sasaran secara akuntabel.

“Bersih dari segala bentuk pungutan liar dan korupsi serta senantiasa menjaga integritas moral dan prilaku, serta menjaga keutuhan NKRI melalui wadah Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika,”ujarnya.

Selain itu, Bambang mengatakan mulai tahun ini, pihaknya akan melakukan langkah lebih maksimal terkait kinerja. Katanya semua personel harus mencapai kinerja yang ditargetkan.

“Semua pelayanan baik eksternal dan internal akan dilayani dengan sisten online. Pelayanan tidak harus tatap muka, seperti pelayanan di Lapas yakni Remisi, cuti bersyarat dan sebagainya, semuanya sistem online,” ujarnya.

Tak hanya itu saja, Kanwilkumham Babel juga mengklaim sebagai satu-satunya instansi yang pertama mencanangkan bebas dari Pungli dan Narkoba.

“Mana kala ada anggota kita terlibat narkoba dan pungli akan kita pecat. Kalau ada unsur pidana ya kita akan pidanakan,”tegasnya.

Dirinya juga mengaku sudah melakukan langkah tegas dengan membentuk tim saber pungli dimana langkah itu merupakan langkah tercepat yang lebih dahulu dilakukannya.

“Bahkan saya sudah memasangkan nomor handphone saya dan pejabat untuk masyarakat yang ingin melaporkan pungli, baik itu di Lapas maupun di Imigrasi,”sebutnya.

Namun dari langkah itu, pihaknya bersyukur tidak pernah menemukan adanya anggota yang terlibat pungli. Memang diakuinya, dia sempat menerima pengaduan dari masyarakat.

“Alhamdulillah tidak ada satupun di Babel ini. Kemarin itu ada pengaduan yang sudah kita lakukan tindakan namun setelah dicek dan ditelusuri tidak ada pungli, hanya keterlambatan dan kekurangan berkas saja untuk pengurusan cb/cmb/pb sehingga masyarakat melaporkan itu ke saya. Itu pun kami tindak lanjuti,” ujarnya. (bum/10)

Related posts