Ada Internet Gratis di Kominfo Basel

No comment 322 views

Medy Aswari

TOBOALI – Kabar gembira untuk masyarakat Kabupaten Bangka Selatan (Basel) yang doyan mengakses internet. Pasalnya, sejak 20 November 2017 masyarakat sudah dapat mengakses internet gratis di wilayah Kantor Dinas Komunfikasi dan Informasi (Dikominfo) Basel yang beralamat di Kompleks Perkantoran Bupati Basel Gunung Namak

Kepala Dikominfo Basel Timbul Panjaitan melalui Sekretaris Dikominfo, Medy Aswari mengatakan, pemasangan jaringan internet gratis itu masih dalam tahap percobaan.

Untuk distrik-distrik tahun 2018, melalui PPID Kabupaten Basel akan melakukan pemasangan jaringan internet melalui VSAT internet yang dilengkapi dengan IP Phone, sehingga sesama kantor distrik dan SKPD dapat saling kordinasi.

“Kecepatan internet gratis ini termasuk di atas rata-rata yakni 2,8 gigabyte per second dengan jangkauan koneksi 100 sampai 150 meter dari titik antena wifi. Jaringan internet tersebut juga dapat diakses masyarakat tanpa menggunakan kode rahasia,”ucap Sekretaris Dikominfo, Medy Aswari kepada wartawan Minggu (3/12/2017).

Menurutnya, untuk dapat mempergunakan internet gratis, kedepanya akan memperbesar kapasitas jaringan internet dengan menggunakan repeater Wifi berkualitas tinggi. Dengan mengunakan repeater wifi, sinyal menjadi stabil. Tidak ada lagi sinyal yang naik turun. Kecil, ringkas dan mudah dalam penggunaanya.

“Jangkauan wifi menjadi bertambah jauh sampai 500 meter. Jadi, meskipun internet gratis ini di lingkungan Pemkab, tapi dapat diperuntukannya tidak hanya untuk pegawai negeri sipil saja. Makanya, kami pasang di luar dan nanti akan ada taman atau cafe corner wifi didepan kantor Dikominfo supaya pelajar atau masyarakat bisa mengakses internet sepuasnya,”jelasnya.

Masih menurut Medy yang juga selaku PPID Kabupaten Basel ini, Pemkab Basel juga berencana akan memperluas jaringan wifi gratis hingga ke seluruh kecamatan dan kantor desa di kabupaten Basel. “Insya Allah akan berjalan secepatnya, perluas jaringan wifi gratis hingga ke seluruh kecamatan dan kantor desa ini ada kaitanya dengan smart city sehingga mempermudah jaringan komunikasi,” pungkas Medy.

Kepala Diskominfo Basel, Timbul P. M Panjaitan menambahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bakal menyerahkan bantuan perangkat internet ke desa – desa yang tersebar di 8 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Basel. Langkah itu dilakukan Pemkab Basel melalui Diskominfo untuk mengatasi keluhan masyarakat desa yang jaringan internet belum dapat menyentuh wilayah desa.

“Program kita kedepanya terus membangun dan mengembangkan pusat informasi berbasis internet. Salah satunya dengan membantu jaringan internet baru serta dan meningkatkan kapasitas jaringan. Bantuan jaringan internet ini untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi,”imbuhnya.(raw/3).

No Response

Leave a reply "Ada Internet Gratis di Kominfo Basel"