by

Ada ASN Bangka Tak Nafkahi Istri

BKPP akan Lakukan Mediasi

SUNGAILIAT – Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bangka, Surtam mengakui telah menerima laporan istri salah seorang aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Bangka yang mengaku tak pernah diberikan nafkah.

Menindaklanjuti hal tersebut, kata dia, BKPP akan memanggil ASN yang bersangkutan sebagai terlapor dan kemudian istrinya sebagai pelapor. “Nanti kita panggil dan nanti dua-dua dipertemukan. Tidak bisa melapor sembarangan,” kata Surtam di ruang kerjanya, Kamis (11/1/2018).

Menurut dia, status pelapor dan terlapor sejauh ini masih sah sebagai suami istri tetapi sudah pisah rumah. Namun Surtam enggan menyebutkan siapa nama dan di dinas mana ASN tersebut bekerja. “Tidak usah disebut dimana. Kita menjaga etika dan rahasia pegawai. Dari kami tidak boleh menyebut,” ujar Surtam.

“Ini bukan masalah kepegawaian tapi masalah rumah tangga. Istri bisa gugat cerai. Pengadilan akan memutuskan bini dapat berapa persen, suami dapat berapa persen dan anak dapat berapa persen. Itu ranah Pengadilan Agama,” bebernya.

Surtam menegaskan, karena bukan ranah kepegawaian tetapi ranah rumah tangga maka BKPP dalam hal ini memberi klarifikasi bukan investigasi. “ASN yang dilaporkan pun tidak dipecat karena bukan ranah kepegawaian. Jika menikah tanpa izin baru dipecat,” ujarnya.(snt/10)

Comment

BERITA TERBARU