9.597 Dukungan Kodi-Rusliadi Penuhi Syarat

  • Whatsapp
Bawaslu Babel memantau langsung proses verfikasi faktual balon pasangan independen.

Bawaslu Babel Supervisi ke Basel

TOBOALI – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan supervisi ke Kabupaten Bangka Selatan. Supervisi ini bertujuan untuk pemantauan langsung tahapan verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan Kodi-Rusliadi, Senin (6/7/2020).
Koordinator Devisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Bangka Belitung, Andi Budi Yulianto mengatakan, supervisi dilakukan guna melihat secara langsung tahapan verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan pada Pilkada 2020 Bupati dan Wakil Bupati Bangka Selatan.
“Hari ini kami melakukan supervisi dan ini merupakan suatu kewajiban kami untuk melihat secara langsung apakah dilapangan ada kendala-kendala dan sebagainya sehingga kami bisa memberikan masukan dan saran kepada jajaran KPU,” kata Budi kepada wartawan.
Menurutnya, dari hasil pemantauan yang telah dilakukan verifikasi faktual yang dilakukan KPU Bangka Selatan sudah sesuai prosedur dan tidak ada kendala.
“Untuk syarat dukungan bakal calon perseorangan Kodi-Rusliadi yang dilakukan verifikasi faktual berjumlah 15.036 pendukung yang tersebar di 50 Desa dan 3 Kelurahan,” ujarnya.
Dikatakannya, dari 15.036 pendukung sudah 13.562 pendukung yang sudah dilakukan verifikasi faktual dengan rincian 9.597 pendukung dinyatakan memenuhi syarat, 493 pendukung tidak memenuhi syarat (TMS) dan 3.526 pendukung tidak dapat ditemui.
“Dari data hasil pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, hingga hari Minggu kemarin sudah ada 39 Desa yang selesai melakukan verifikasi faktual dengan total yang sudah dilakukan verifikasi berjumlah 13.562 pendukung,” jelasnya.
Ia mengatakan, untuk pendukung yang tidak dapat ditemui, jajaran KPU akan melakukan koordinasi dengan LO dan juga jajaran Bawaslu untuk mengumpulkan para pendukung yang tidak dapat ditemui. “Untuk kawan-kawan di KPU akan berkoordinasi dengan LO maupun kawan-kawan bawaslu untuk mengumpulkan mereka para pendukung yang tidak dapat ditemui di satu tempat,” ujarnya.
Sebelumnya pasangan KORI menyampaikan berkas dukungan sebanyak 15.035. Pasangan ini akan terus berlaga jika lolos verfak dengan syarat minimal dukungan 12.766 atau 10 persen DPT Bangka Selatan sebanyak 127.652 pemilih. (raw/6)

Related posts