by

7.568 Siswa SMK Ikuti UNBK

-Berita Kota-95 views

Pangkalpinang — Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional (UNBK) jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di provinsi Bangka Belitung (Babel), diikuti oleh 7.568 siswa dari 56 sekolah.

Pelaksanaan UNBK hari pertama ini, dikunjungi oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah. Didampingi Sekda Babel, Yan Megawandi dan Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh, di SMK N 1 dan 2 Pangkalpinang.

Dalam peninjauan UNBK, Wagub tidak diperkenankan masuk ke ruangan, dan hanya melihat dari pintu kelas saja, ia pun mengamati hampir seluruh ruang kelas yang digunakan sebagai tempat ujian.

Wagub menilai, pelaksanaan UNBK di Babel berjalan aman dan lancar, tidak mengalami hambatan yang berarti, hal ini pun diharapkan dapat meningkatkan konsentrasi siswa dalam menjawab soal yang diujiankan.

“Dari dua sekolah yang saya kunjungi tidak ada yang laporan dan kendala baik dari siswa maupun dari sekolah, hari pertama ini masih berjalan lancar, mudah-mudahan seterusnya berlangsung lancar,” kata Wagub, saat ditemui di SMKN 2 Pangkalpinang, Senin (25/3/2019).

Ia melihat, para siswa juga sudah memiliki kemampaun dalam mengoperasikan komputer, dan tidak ada hambatan karena sebelumnya sudah dilakukan uji coba.

Tahun depan, ia meminta agar pelaksanaan UNBK tidak lagi terbagi dalam tiga sesi, tetapi bisa dua kali saja, sehingga di butuhkan peralatan komputer tambahan.

“Sekolah minta ditambah biar efisien, ini kan masih tiga sesi, kalau komputernya banyak bisa dilakukan dua sesi, kita akan coba dan upayakan,” imbuhnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Soleh, menambahkan, dari 56 sekolah SMK di Babel, semuanya sudah melaksanakan secara online.

Ia menyebutkan tahun ini ada 25 persen soal yang berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS), jenis soal yang membutuhkan analisis tinggi, analisa dan sintesa.

“Ada soal essay juga 5 soal tapi hanya untuk pelajaran matematika, kalau hari pertama ini pelajaran bahasa Indonesia,” tukasnya.

Ia berharap pelaksaan UNBK SMK yang akan berlangsung hingga kamis mendatang dapat berjalan lancar dan optimal. (nov)

Comment

BERITA TERBARU