65 Istri Prajurit Jalani Pemeriksaan Kesehatan

  • Whatsapp
Dandim Belitung foto bersama para istri Prajurit, disela kegiatan Pemeriksaan Kesehatan para istri prajurit, dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Persit Kartika Candra Kirana Ke – 71 tahun 2017 dan berbarengan dengan HUT Dharma Pertiwi Ke – 53.(foto: rell).

Harus Pandai Jaga Kesehatan Pribadi

TANJUNGPANDAN – Sedikitnya 65 istri prajurit Kodim 0414/Belitung menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Sabtu (4/3/2017).

Adapun, pemeriksaan kesehatan 65 Persatuan Istri Prajurit (Persit) tersebut meliputi pemeriksaan IVA dan penyuluhan tentang kesehatan kewanitaan yang disampaikan oleh dr Rini Agustin.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka hari ulang tahun (HUT) Persit Kartika Candra Kirana Ke – 71 tahun 2017 dan berbarengan dengan HUT Dharma Pertiwi Ke – 53.

Baca Lainnya

Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono K., S.E mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara pemeriksaan kesehatan bagi istri prajurit tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada kepala puskesmas beserta tenaga ahlinya atas kerjasamanya, sehingga kegiatan pemeriksaan IVA dan penyuluhan kesehatan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan bersama,” ucap Dandim melalui rilis yang dikirimkan kepada Rakyat Pos, Minggu (5/3/2017).

dr. Rini Agustin selaku pemateri dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi istri tentara tersebut mengatakan, pemeriksaan kesehatan sangat penting bagi perempuan, khususnya istri Kodim Belitung.

“Ibu-ibu dapat menambah pengetahuan betapa pentingnya pendidikan kesehatan reproduksi bagi kaum ibu-ibu sekalian. Kita harus pandai menjaga kesehatan pribadi masing-masing,” imbuh dr. Rini.

Sedangkan Kepala Puskesmas Tanjungpandan, Sukirman memaparkan, kanker serviks atau servical cancer merupakan jenis penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim atau serviks, yaitu bagian rahim yang terletak di bawah yang membuka ke arah liang vagina.

“Penyebab kanker serviks, yaitu HPV (human papiloma virus). Sedangkan istilah test yang digunakan untuk mendeteksi dini kanker ada 2, yaitu IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) adalah pemeriksaan leher rahim dengan cara melihat langsung leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat 3-5%. Bila setelah pulasan asam asetat 3-5% ada perubahan warna, yaitu tampak bercak putih, maka indikasi terdapat lesi kanker,” papar Sukirman.

Yang kedua, sambungnya, test yang digunakan untuk mendeteksi dini kanker dengan cara Papsmear, yaitu pemeriksaan dengan cara mengambil cairan di porsio (dalam leher rahim) dan kemudian di fiksasi dengan alkohol 95% untuk di bawa ke laboratorium untuk di periksa lebih lanjut menggunakan mikroskop.

“Saya berharap dengan pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini akan memperoleh tambahan informasi dan pengetahuan tentang bagaimana melindungi diri dari kanker serviks, terutama bagi ibu-ibu prajurit ini,” harapnya.

Usai penyuluhan tersebut, dilanjutkan dengan pemeriksaan IVA kepada Ibu-ibu Persit KCK Cab XLI Dim 0414 Koorcab Rem 045 dan Ibu-ibu PIA Ardhya Gar ini Lanud H.A.S Hanandjoedin.

Turut hadir dalam acara memeriksaan Iva Dandim 0414/Belitung Letkol Kav Eko Saptono K., S.E, Ketua Persit KCK Cab XLI Dim 0414 Rem 045 Ny. Santhi Eko Saptono, Ketua PIA Ardhya Garini Lanud H.A.S Hanandjoedin Ny. Anastasia Candrasa Yuda, Kasdim 0414/Belitung Mayor Inf Ruhin, S.Ag, Danramil 414-01/Tanjungpandan Mayor Inf Djoko Lelono, Kepala Puskesmas Tanjungpandan Sukirman, Penyuluh IVA dari Puskesmas dr. Rini Agustin dan Bidan Sri Wahyuni serta anggota Persit KCK Cab XLI Dim 0414 Koorcab Rem 045 dan Ibu-ibu PIA Ardhya Garini Lanud H.A.S Hanandjoedin. (bis/3).

Related posts