by

61 Tim Siap Bertarung Lomba Mancing Udang Galah Kurau

Di sungai Desa Kurau Timur Kecamatan, Bangka Tengah inilah yang dijadikan sebagai tempat Lomba Mancing Udang Galah yang akan diikuti sebanyak 61 tim peserta, dan memperebutkan total hadiah Rp25 juta.(foto: tamimi).

KOBA – Panitia Lomba Mancing Udang Galah telah merekap sebanyak 61 tim peserta siap mengikuti Lomba Mancing Udang Galah Pertama di Bangka Belitung Tahun 2018, tepatnya di Tebok, Desa Kurau Timur Kecamatan, Bangka Tengah.

Peserta tersebut akan mengikuti lomba pada Sabtu (22/9/2018) mendatang. Sebesar Rp25 juta total bonus yang disiapkan meliputi pemenang I sebesar Rp7 juta, pemenang II Rp5 juta, pemenang III Rp3 juta, pemenang IV sebesar Rp2 juta, pemenang V sebesar Rp1.5 juta, pemenang VI sebesar Rp1 juta dan rekor terbesar tangkapan udang galah sebesar Rp500 ribu.

“Insya Allah telah mencapai 90 persen persiapan kegiatan Lomba Mancing Udang Galah di Tebok, Desa Kurau Timur Kecamatan Koba, Bangka Tengah yang akan dilaksanakan pada Sabtu (22/9/2018). Mohon dukungan masyarakat dan semua pihak untuk kesuksesan acara tersebut,” ujar Ketua Panitia Muhammad Tamimi, Rabu (19/9/2018).

Dikatakannya, kegiatan Lomba Mancing Udang Galah tersebut dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke- 73 dan peringatan HUT Kota Koba ke- 164 Tahun 2018. Selain lomba mancing, telah digelar Lomba Gaple di Royal Coffie Koba pada Minggu Pertama Bulan September 2018 lalu.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat tali silaturrahmi, menguatkan persaudaraan sekaligus membangun komunikasi yang baik antar sesama dalam satu rumpun, Membangun Rasa Nasionalisme, Meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa-jasa pejuang kemerdekaan dan nasional dalam merebut Kemerdekaan Bangsa Indonesia, sebagai upaya untuk membangun kesadaran generasi pelanjut dalam meneruskan perjuangan pejuang dengan cara membangun bangsa tanpa perpecahan. Kemudian memupuk jiwa sportifitas dan melatih kekompakan pada tim saat lomba berlangsung, memberi sumbangsih pemikiran ilmu pengetahuan untuk mempercepat pembangunan di Bangka Tengah dan menjadikan Tebok Kurau Timur sebagai Pusat Objek Wisata Baru Bangka Tengah,” ungkapnya.

Sejumlah warga Desa Kurau Timur Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah mengharapkan kawasan Tebok Kurau Timur menjadi destinasi wisata mancing udang.

“Selama ini, kawasan itu selalu menjadi tempat favorit bagi mereka yang memiliki hobi memancing udang, bahkan para pemancing mania berdatangan dari berbagai daerah,” terang Tamimi belum lama ini.

Ia mengungkapkan, wacana kedepan kawasan Tebok Kurau tersebut bisa dijadikan destinasi wisata baru bila dikelola dan dikemas dengan baik, sehingga memiliki daya tarik tersendiri terutama bagi wisatawan yang hobi memancing.

“Justeru itu dalam waktu dekat kami akan mengadakan lomba mancing udang di kawasan muara Tebok ini dengan harapan ke depan bisa dijadikan agenda wisata tahunan,” terangnya.

Ia menambahkan, destinasi wisata mancing udang sangat menarik dan unik sehingga pihaknya sangat optimis dan mampu menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah itu.

“Kalau lomba mancing ini terlaksana dengan sukses, maka kami akan mencoba merekomendasikan kepada dinas terkait untuk memasukkan lomba mancing udang sebagai agenda wisata yang rutin diselenggarakan setiap tahun,” imbuhnya.(rell/3).

Comment

BERITA TERBARU