542 Warga Bateng Pindah Memilih

  • Whatsapp

Berpengaruh dengan Surat Suara

KOBA – Sebanyak 542 warga Bangka Tengah pindah pemilih dalam Pemilu Serentak Tahun 2019. Selain pindah pemilih, juga ada warga dari luar yang pindah ke Bateng sebanyak 382 orang.

“Selisihnya sebanyak 160 warga yang pindah memilih, karena 542 warga yang keluar dan 382 warga yang masuk,” ujar Komisioner KPU Bangka Tengah, Panjiyana saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Jum’at (15/03/2019).

Data dari hasil Aplikasi Sidalih atau Sistem Data Informasi Pemilih tersebut tertanggal 13 Maret 2019 yang berawal dari penyusunan tingkat PPK dan PPS. “Data ini sudah melakukan validasi ditingkat PPK dan PPS,” terangnya.

Ia mengungkapkan selisih pindahan pemilih itu berpengaruh dengan surat suara, namun dipastikan aman karena banyak pindahan pemilih yang memilih diluar.

“Sosialisasi yang telah dilakukan, pindahan pemilih dipastikan ada, cuma angkanya tidak banyak,” tuturnya.

Ia menambahkan syarat untuk mengajukan pindahan pemilih dapat mengisi formulir dari 9 alasan pindah memilih salah satunya karena bertugas saat pemilihan, kemudian pindah tugas dan lainnya.

“Ada 9 syarat yang mengajukan pindahan yakni karena bertugas saat pemilihan dan pindah tugas termasuk yang lainnya,” tukasnya. (ran/3).

Related posts