53 Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa Siap Awasi Pilkada Basel

  • Whatsapp
Pelantikan Anggota Panwaslu Desa/Kelurahan se-Basel. Panwaslu Desa/Kelurahan menyatakan kesiapannya mengawasi Pilkada Basel. (ist)

 

TOBOALI – Sebanyak 53 Anggota Panwaslu Kelurahan/Desa se-Kabupaten Bangka Selatan resmi dilantik, Jumat – Sabtu (13-14/03/2020). Para Panwaslu sekaligus menyatakan kesiapannya mengawasi Pilkada Bangka Selatan Tahun 2020.

 

Ketua Bawaslu Basel, Sahirin mengatakan selama 2 hari Bawaslu Basel melakukan monitoring pelantikan Panwaslu Kelurahan/Desa yang dilaksanakan serentak di 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan.

Baca Lainnya

 

“Sesuai dengan amanat Undang – Undang, Panwaslu Kelurahan/Desa diseleksi dan ditetapkan berdasarkan Keputusan Ketua Panwaslu Kecamatan,”jelas sahirin

 

Pada saat melakukan monitoring, ia menegaskan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa yang baru saja dilantik, untuk selalu menjaga integritas dan propesionalitas selama menjalankan tugas sebagai pengawas.

 

“Kepada seluruh Panwaslu Kelurahan/Desa terpilih tolong jaga integritas dan profesionalitas, serta jaga nama baik lembaga dan kabupaten yang kita cintai ini, demi suksesnya Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2020,”tegas sahirin

 

Ia menjelaskan, pada Pilkada tahun ini, tugas Panwaslu Kelurahan/Desa cukup berat. Mengingat adanya bakal calon yang mendaftar memalui jalur perseorangan yang telah dinyatakan lolos tahapan verifikasi administrasi oleh KPU Kabupaten Bangka Selatan dan akan dilanjutkan ke proses verifikasi faktual syarat dukungan bakal calon perseorangan.

 

“Berdasarkan hasil verifikasi administrasi ada 15.036 dukungan yang dinyatakan memenuhi syarat dan selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual dengan metode sensus, tugas panwaslu kelurahan/desa  memastikan seluruh dukungan sudah difaktualkan dan tidak ada yang terlewatkan” imbuhnya.

 

Untuk itu Sahirin berharap, kepada seluruh Panwaslu Kelurahan/Desa terpilih untuk dapat melaksanakan tugas – tugas pengawasan sebagaimana yang diamanatkan Undang – Undang. (raw)

Related posts