50 Persen TPS Sudah Berdiri

  • Whatsapp

Surat Suara Dinyatakan Lengkap

Satu hari menjelang Pemilu Serentak Pileg dan Pilpres, Rabu besok 17 April 2019, mayoritas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Pangkalpinang sudah berdiri dan siap menerima kedatangan pemilih. Bahkan, dari 531 titik TPS yang ada di Pangkalpinang, sebanyak 50 persen TPS dinyatakan siap.
“Secara teknis sudah 50 persen berdiri tinggal melengkapi sejumlah kebutuhan TPS. Pantauan kami sudah beberapa TPS dalam kondisi sudah didirikan tendanya. Gotong royong membersihkan area dan mendirikan tenda. Besok (hari ini Selasa-red) mulai terbentuk wujud TPS-nya. Biasanya akan diselesaikan pada malam menjelang hari-H,” jelas Komisioner KPU Kota Pangkalpinang Divisi Teknis, Yusmayadi kepada wartawan, Senin (15/4/2019).
Untuk anggaran pendirian TPS, diakuinya memang mengalami kenaikan 100 persen dibanding sebelumnya. Apalagi, ini Pemilu Serentak Pemilihan Legislatif dan Pilpres. Namun angka Rp1,6 juta per TPS itu dengan sejumlah keperluan yang harus disiapkan.
“Pembuatan setiap TPS Rp1,6 juta, harus memuat saksi dan pemilih, dengan ukuran 8 x 10 setiap TPS. Sebelumnya hanya Rp800 (ribu), tapi banyak yang harus disiapkan mulai dari triplek, kursi, meja, lampu,” katanya.
Sedangkan untuk honor para PPS dan KPPS, masih berlaku sama seperti Pilkada lalu. Untuk itu, Yusmayadi meminta masyarakat tidak menuduh para PPS melakukan kecurangan, karena tugas mereka berat dengan honor yang tak seberapa.
“Saya imbau masyarakat dan peserta pemilu mari berfikir positif kepada petugas TPS. Banyak tidak bersedia dalam rekrutmen ini dan menjadi hambatan kita,” imbuhnya.
Yusmayadi juga meminta masyarakat yang sudah mendapat formulir undangan, dapat menggunakan hak pilihnya dimulai dari pukul 07.00-13.00 WIB. Mengenai warga yang belum terdaftar sebagai DPT tapi memiliki e-KTP atau surat keterangan pengganti KTP, tetap masih bisa memilih sesuai alamat yang tertera di identitas.
“Mereka dapat menggunakan hak suaranya dimulai pukul 12.00 ke atas dan konsekuensi sepanjang ketersedian surat suara masih ada,” tukasnya.

Surat Suara Lengkap
Dilain pihak, Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyatakan distribusi surat suara untuk Pemilu Serentak sudah lengkap dan tidak ada masalah. Sebelumnya, diakui KPU Bateng kekurangan 5.223 lembar surat suara karena rusak.
“Beberapa hari lalu sudah datang dan kami pastikan logistik berupa surat suara sudah lengkap,” ujar Ketua KPU Bateng, Rusdi saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Senin (15/04/2019).
Menurutnya, sebanyak 5.223 surat suara yang baru datang dikirim KPU Provinsi Bangka Belitung pada Minggu malam (14/4/2019) itu bahkan sudah selesai dilipat dan disortir.
“Sekarang kami melakukan pengecekan dan teliti ulang kondisi surat suara sebelum dilakukan pengepakan agar tidak ada masalah saat tiba di TPS. Kami sudah mulai melakukan pengepakan, namun sebelumnya dilakukan pengecekan dan diteliti ulang untuk menghindari masalah,” tuturnya.
Rusdi menambahkan, semua logistik Pemilu ini akan didistribusikan pada hari ini, Selasa (16/04/2019) ke seluruh TPS yang tersebar di Bangka Tengah.
“Pendistribusian bekerjasama dengan PT Pos Indonesia. Pendistribusian akan dituntas satu hari atau sekali jalan disebar ke seluruh titik,” tukasnya.
Untuk Kabupaten Bangka Selatan (Basel), KPU juga telah menerima surat suara pengganti yang kurang pada Minggu (14/4/2019) malam. Sebelumnya, Ketua KPU Basel Amri menyebutkan kekurangan surat suara yang telah disampaikan ke KPU RI sebanyak 6.541 lembar.
Terdiri dari surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 1.205 surat suara, DPD RI 1.401 lembar, DPR RI 1.499 lembar, DPR Provinsi Babel 1.820 lembar, dan DPRD Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 516 lembar surat suara.
“Kekurangan surat suara Basel telah kita terima Minggu malam, sudah kita lipat dan langsung dimasukan ke kotak suara,” kata Amri Senin (15/4/2019).
Ia menjelaskan, hingga kemarin pihaknya masih melakukan pengepakan sejumlah logistik untuk dimasukan ke dalan kotak suara. Logistik ini sesuai jadwal didistribusikan ke PPS desa di enam kecamatan di Basel mulai hari ini, Selasa (16/4/2019).
Sedangkan untuk distribusi logistik Pemilu ke PPS daerah kepulauan, KPU Basel telah mulai mengirimkannya sejak Minggu (14/4/2019). Seperti distribusi ke PPS kepulauan di Kecamatan Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepar Pongok yang dilakukan PT Pos dengan dikawal langsung Satpolair Polres Basel dan Kapolsek Lepong. (ron/ran/raw/1)

Related posts