by

5 Korban Ditipu Paranormal Gadungan

Berhasil Raup Puluhan Juta Rupiah

TOBOALI – Agus Prayitno (23) paranormal gadungan yang berhasil diciduk jajaran Polsek Airgegas, di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Bangka Belitung Kamis (10/5/2018) ternyata tak hanya berhasil mengelabui korban utut saja. Dia juga mengelabui empat korban lainnya dan berhasil meraup uang hingga puluhan juta rupiah.
Demikian dikatakan Kabag Ops Polres Bangka Selatan, Kompol Erlichson didampingi Kapolsek Airgegas IPTU Amri saat menggelar jumpa pers di Mapolres Bangka Selatan, Jumat (11/5/2018). Para korban yang berhasil dikelabui Agus adalah Nurwi dengan nominal Rp20 juta, Niko Rp5 juta, Robi Rp4,5 juta dan Sina sebesar Rp1,5 juta.
“Hasil pemeriksaan Unit Reskrim Polsek Airgegas, pelaku Agus bukan hanya mengelabui satu korban Tutut, tetapi ada 4 korban lainnya, dan berhasil meraup puluhan juta rupiah. Pelaku mengaku bisa mengobati secara alternatif lalu mengelabui korban dengan menakut-nakuti keluarga korban akan mati sehingga korban akhirnya menyerahkan uang, dan uang itu dihabiskannya berfoya-foya bersama pacarnya,” jelas Kabag Ops.
Ia mengimbau kepada masyarakat agar jangan mudah percaya dengan pengobatan alternatif apalagi yang langsung meminta uang sampai puluhan juta rupiah.
“Kita imbau kepada masyarakat agar melapor ke pihak kepolisian jika memang masih ada yang menjadi korban Agus,” imbuhnya.
Terpisah, Agus yang tidak tamat SD ini mengaku menjalankan aksinya dengan berbicara bahasa yang meyakinkan korban. “Iya, saya berusaha berbicara yang manis-manis untuk meyakinkan korban,” katanya kepada wartawan.
Sebelumnya, Jajaran Polsek Airgegas Kamis (10/5/2018) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB berhasil mengamankan Agus Prayitno warga Simpang Perlang Koba Bangka Tengah ini lantaran nekad mengelabui korban dengan berprofesi sebagai paranormal gadungan. Ia meminta uang belasan juta dengan alasan mampu menyembuhkan penyakit.
Dia menipu Tutut Masina pada 15 Maret lalu, dengan mendatangi kediaman korban di Desa Sidoharjo Kecamatan Airgegas. Ia lalu menawarkan diri dan mampu menyembuhkan penyakit tumor jinak yang diderita korban. Ketika itu, pelaku menawarkan minyak misi senilai Rp150 ribu sebanyak 50 botol. Pelaku juga meminjam uang korban sebesar Rp700 ribu untuk keperluan sehari-hari.
Aksi penipuan Agus terus berlanjut, dan tiga pekan kemudian ia kembali mendatangi kediaman korban dan meminta uang Rp11,5 Juta dengan alasan untuk membeli sapi sebagai syarat pengobatan.
“Pelaku mengancam, jika uang tidak dipinjami maka seluruh keluarga korban akan meninggal dunia. Karena korban takut akhirnya uang dipinjami, setelah berapa lama penyakit tak sembuh dan uang belum juga dikembalikan, korban melapor ke Polsek Airgegas pada 7 Mei lalu,” ungkap Kabag Ops.
Usai menerima laporan, Polsek Airgegas langsung melakukan penyelidikan. Pada Kamis dini hari anggota Polsek Airgegas menerima informasi keberadaan pelaku. Dipimpin langsung Kapolsek Airgegas pelaku berhasil dibekuk di kediamannya di Jalan Simpang Jongkong Kelurahan Padang Mulia Kecamatan Koba Bangka Tengah.
“Pelaku melakukan aksinya dengan modus operandi sebagai paranormal yang dapat menyebuhkan berbagai macam penyakit, namun faktanya uang sudah banyak habis, namun penyakit warga tidak juga sembuh, saat ini pelaku sudah diamankan di Polsek Airgegas guna proses penyidikan lebih lanjut,” tegas Erlichson. (raw/1)

Comment

BERITA TERBARU