5 Hektar Eks Tambang Ditanami Kayu Pelawan

No comment 248 views

Sarang madu pelawan yang menggantung di sebuah kayu dipasang melintang di atas pohon pelawan. Dalam waktu tidak lama lagi, sarang tersebut bakal dipanen untuk diambil madunya.(foto: ran).

Juga Remajakan Kayu Pelawan

KOBA – 5 hektar lahan eks tambang dilakukan kegiatan rehabilitasi dengan penanaman kayu pelawan. Sebanyak 12 ribu batang kayu pelawan yang ditanam dilokasi tersebut untuk menghijaukan lahan agar menjadi kawasan hutan.

“Yang sudah kita tanam seluas 5 hektar atau sebanyak 12 ribu kayu pelawan. Penanaman dilakukan secara kontinyu dengan target rehabilitasi lahan bekas tambang seluas 40 hektar,” ujar Zaiwan saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Rabu (09/08/2017).

Dikatakannya, kegiatan rehabilitasi lahan bekas tambang itu bertujuan menghijaukan kembali hutan yang sudah rusak dan gundul. Bahkan katanya, kawasan eks tambang timah yang sudah ditanami kayu pelawan ini merupakan bagian dari kawasan hutan pelawan.

“Kegiatan menghijaukan lahan bekas tambang nggak bisa sekaligus, pelan-pelan dan kontinyu. Kita juga berharap ada dukungan dari pemerintah maupun pihak swasta terkait kegiatan tersebut,” terangnya.

Selain kegiatan penghijauan, pihaknya saat ini juga melakukan kegiatan peremajaan kayu pelawan di kawasan hutan pelawan untuk dijadikan bibit. Kemudian melakukan pendataan keanekaragaman hayati dikawasan itu yang meliputi rumah lumut, kantong semar, anggrek hutan, keladi peri dan habitat yang lainnya.

“Banyak sekali keanekaragaman hayati yang tumbuh. Memang saat ini belum dikembangkan, tetapi kedepan akan kita kelola supaya bernilai ekonomis bagi masyarakat,” tuturnya.

Ia menambahkan, setiap pengunjung yang ingin menyambangi hutan pelawan, silakan melihat sarang madu yang masih bersarang dipohon pelawan. Menurutnya, itu sebagai bentuk replika nyata sarang lebah, agar diketahui langsung oleh pengunjung.

“Silakan pengunjung yang datang ke Hutan Pelawan Namang menikmati lingkungan alam yang bersih, sarang madu, jamur pelawan. Namun selama dilokasi, jangan buang sampah secara sembarangan,” imbaunya.(ran/3).

No Response

Leave a reply "5 Hektar Eks Tambang Ditanami Kayu Pelawan"