445 Guru PAUD Berprestasi se-Indonesia Adu Kompetensi

  • Whatsapp
Pemukulan beduk oleh Wagub Babel, Abdul Fatah bersama pejabat Kemendikbud dan pejabat daerah Babel saat pembukaan lomba Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Pendidikan Masyarakat berprestasi dan berdedikasi se-Indonesia di ATM Pangkalpinang, Senin (24/6/2019). (foto: Nurul Kurniasih)

PANGKALPINANG- Sebanyak 445 peserta beradu kompetensi dan kemampuan dalam lomba Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) berprestasi dan berdedikasi se-Indonesia mulai 24 Juni hingga 27 Juni 2019 mendatang.

Lomba yang dibuka secara resmi oleh Wagub Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah di Alun Alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang ini, diikuti perwakilan dari 34 provinsi se-Indonesia dimana masing-masing kontingen selain mengirimkan guru berprestasi juga utusan pendamping.

Abdul Fatah dalam kesempatan itu mengapresiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menyelenggarakan lomba tersebut dan memilih Babel menjadi tuan rumah. Ia berharap, selain menjadi ajang peserta berlomba, meningkatkan kompetensi tenaga pendidik, juga dapat mempromosikan Provinsi Babel.

Menurutnya, PAUD dan Pendidikan Masyarakat memainkan peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan bangsa, khususnya dalam menyongsong kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang selalu berubah dengan cepat.

“Menyongsong tantangan kedepan, guru PAUD juga harus menguasai teknologi informasi dan komunikasi dan komitmen tinggi meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi,” pesannya.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbud, Supriono lomba dilaksanakan sebagai wujud penghargaan bagi guru dan tenaga kependidikan (GTK) PAUD dan Pendidikan Masyarakat yang telah mengabdikan diri dan berperan aktif dalam penyelenggaraan pembelajaran dan pengelolaan satuan pendidikan tersebut.

Selain itu juga, kata Supriano mengatakan kegiatan yang sudah dilaksanakan untuk ketigabelaskalinya ini, sebagai wadah bagi para GTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat untuk bertemu dan saling bertukar ilmu, meningkatkan wawasan, meningkatkan kompetensi, menjalin silahturahmi dengan sesama GTK dari 34 provinsi dan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Dia menyebutkan, Kemendikbud memiliki langkah yang tepat untuk menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka dengan mempersiapkan generasi usia dini menjadi generasi yang berkualitas.

“Mereka lah yang akan menghadapi itu, kalau tidak disiapkan dengan baik akan jadi beban bangsa, tapi kalau dipersiapkan sejak dini jadi aset, pendidikan tidak bisa hanya formal, tapi paud bahkan sejak kandungan sangat penting,” ulasnya.

Supriono menegaskan, bagi para pemenang lomba akan dikirim ke luar negeri, untuk mendapatkan kursus singkat sesuai dengan kompetensinya.

“Bagi para peserta yang diberangkatkan ke luar negeri diharapkan dapat memberikan imbas positif kepada GTK PAUD dan Pendidikan Masyarakat di daerahnya masing-masing,” tambah Supriano.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh mengatakan pelaksanaan lomba ini dibagi dalam 22 kategori, yakni 11 kategori lomba pendidik perorangan, 6 lomba tenaga kependidikan perorangan, 4 lomba pendidik dan tenaga kependidikan daerah khusus dan 1 kategori lomba kelompok.

Selama pelaksanaan lomba yang dimulai Senin hingga 26 Juni 2019 mendatang termasuk penilaian presentasi peserta akan dilakukan di 5 hotel di Kota Pangkal Pinang, yaitu Hotel Santika, Novotel, Swiss Bell, Soll Marina dan Sahid Bangka Hotel.

“Pada saat bersamaan juga diselenggarakan lomba kelompok pentas seni dan pameran pendidikan dan kebudayaan di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkal Pinang. Kegiatan pameran diikuti oleh satuan kerja Kemendikbud, PP/BP PAUD dan Dikmas, SKPD setempat, dan Asosiasi Profesi PAUD dan Pendidikan Masyarakat,” tutupnya.(nov/10)

Related posts