40 Ribu APK Ditertibkan, Terbanyak di Sungailiat

  • Whatsapp
Puluhan ribu APK hasil penertiban yang dilakukan Bawaslu Bangka bersama Satpol PP saat masa tenang Pemilu 2019, Senin (15/4/2019). (foto: mg419)

SUNGAILIAT- Bawaslu Kabupaten Bangka bersama Satpol PP masih melakukan penertiban terhadap alat peraga kampanye (APK) saat masa tenang Pemilu 2019. Setidaknya sudah 40 ribuan APK ditertibkan sejak masa tenang yang dimulai Minggu (14/4/2019).

Ketua Bawaslu Bangka, Corri Ihsan mengatakan pihaknya akan terus melakukan penertiban sehingga pada saat pencoblosan nanti sudah tidak ada lagi atribut partai ataupun APK terpasang di daerah itu.

“Sakarang juga masih kita lakukan penertiban, hari ini (kemarin-red) kita libatkan damkar dan Satpol PP karena untuk menjangkau APK yang tinggi-tinggi. Kita pastikan saat hari H nanti tidak akan ada lagi (APK-red),” kata Corri kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Pihaknya, tambah dia, juga akan terus memantau dan menerima masukan serta informasi dari warga jika memang masih ada APK yang terpasang di tempat umum. Untuk pelanggaran kata dia, paling banyak terdapat di Kecamatan Sungailiat yakni 7.317 APK dan 83 nonAPK.

“Besok (hari ini-red) kami juga akan melakukan penyisiran kembali jika masih ada APK yang belum dilepas, maka akan kami lepas saat itu juga. Kami ingin semua berjalan sesuai dengan asas keadilan,” terang Corri.

Sementara itu, Ketua Panwascam Sungailiat, Ahmad Riduan mengatakan pelanggaran APK tersebut meliputi baliho, spanduk, banner dan bendera. “Yang kita amankan ini baliho sebanyak 2.186, spanduk 2.216, banner 2.825 dan bendera 83 buah. Semuanya kita bawa ke Kantor Panwascam Sungailiat,” ungkapnya.

Jumlah tersebut, dia menambahkan, masih akan bertambah seiring penertiban yang akan terus dilakukan oleh pihaknya untuk menjaga keadilan bagi seluruh peserta pemilu dalam masa tenang. “Kemungkinan jumlah ini akan bertambah lagi karena masih ada beberapa titik yang baru akan kita ambil hari ini,” tambah Riduan. (mg419/10)

Related posts