40 ASN Ikuti Diklat Manajemen Pengembangan Daerah

  • Whatsapp

SUNGAILIAT – Badan Kepegawaian Pengelolaan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Bangka menggelar pendidikan dan pelatihan (diklat) manajemen pengembangan daerah di Hotel Novilla, Sungailiat, Selasa (19/3/2019). Diklat ini digelar empat hari hingga 21 Maret dengan peserta 43 ASN yang membidangi manajemen pembangunan dan dari perangkat daerah yang ada di Kabupaten Bangka.

Bupati Bangka Mulkan dalam kesempatan itu menjelaskan diklat harus diikuti dengan sungguh-sungguh oleh peserta dalam rangka peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing daerah diperlukan perencanaan pembangunan daerah yang berstruktur dan berkualitas.

Hal ini sudah dijelaskan pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah tentang perencanaan pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah,serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah,rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

“Adapun ruang lingkup Permendagri terdiri dari tata cara perencanaan,pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah. Saya berharap para kepala OPD dan sekretaris yang mengikuti pelatihan manajemen ini bisa mengikuti pembelajaran hingga tuntas, terkecuali ada urgensitas.
Pelatihan ini sangat penting karena sangat berguna bagi pembangunan Kabupaten Bangka kedepan,” katanya.

Sementara itu Ketua panitia kegiatan Gulyano Penalfa mengatakan sebelum diberikan pelatihan, peserta diberikan free tes untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan manajemen yang dimiliki peserta. Diklat bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan pembangunan yang tepat sasaran bagi pemerintah dan masyarakat.

“Tes akan dilakukan kembali setelah peserta mendapatkan materi tes dengan durasi 30 jam yang dirangkum selama 4 hari, untuk mengetahui penyerapan ilmu para peserta dan sebagai tolak ukur evaluasi BPKPSMD ke depan. Diklat ini untuk meningkatkan kompetensi para ASN dalam manajemen pelaksanaan pembangunan di daerah,”jelasnya.

Pada diklat ini BKPSDMD Bangka mengundang pemateri dari Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Repubrik Indonesia,yakni Kamaruddin, selaku Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebujakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas, Aparatur dan Pengawasan I. (2nd/rls/10)

Related posts