by

4 Paslon Jalani Tes Kesehatan

KPU Anggarkan Rp121.4 Juta

KPU Kota Pangkalpinang resmi mengumumkan hanya empat bakal Paslon yang bakal mengikuti tes kesehatan di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Daerat) Gatot Subroto, di Jakarta Pusat. Empat bakal Paslon Pilkada Pangkalpinang itu yakni, bakal Paslon SMS (Senyum Molen Sopian), Paslon SAMSON (Saparudin-Edison), EKSIS (Endang-Ismiryadi) dan RINDU (Rinaldi Abdullah-Sarjulianto).
Empat bakal Paslon yang mengikuti tes kesehatan selama dua hari pada 12-13 Januari 2018 itu, setidaknya menghemat anggaran tes yang telah dipersiapkan oleh KPU Pangkalpinang sebesar Rp28,6 juta.
Awalnya, KPU Pangkalpinang menganggarkan dana tes kesehatan bagi enam Paslon, masing-masing Paslon sebesar Rp25 juta dengan rincian satu bakal calon dianggarkan Rp12,5 juta. Namun, taksiran KPU Pangkalpinang meleset, karena tes kesehatan hanya diikuti oleh empat bakal Paslon dan anggarannya naik dengan rincian untuk laki-laki dikenakan Rp15,1 juta dan untuk bakal calon perempuan Rp15,7 juta, perbedaannya hanya Rp600.000.
“Baru dapat angkanya dari RSPAD. Untuk yang laki-laki Rp15.100.000 check up lengkap termasuk psikologi dan narkotika, untuk yang perempuan Rp15.700.000, bedanya Rp600.000,” kata Kepala Sekretariat KPU Pangkalpinang Yuliana Sandriani kepada Rakyat Pos, Kamis (11/1/2018).
“Karena kemarin yang dianggarkan untuk enam pasang calon, ditargetkan satu pasangan calon 25 juta, satu calon 12,5 juta,” tukasnya.
Untuk diketahui, anggaran tes kesehatan untuk tujuh bakal calon berkelamin pria sebesar Rp105.700.000 dan untuk satu bakal calon berkelamin wanita Rp15,7 juta sehingga total biaya tes kesehatan empat bakal Paslon yang mengikuti Pilkada Pangkalpinang sebesar Rp121,4 juta.

*Kawal Pilkada
Divisi penindakan dan pelanggaran Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Firman TB Pardede, mengapresiasi para bakal Paslon (pasangan calon) Pilkada atas kondusifnya daerah saat mendaftar di tiga kabupaten/kota. Ia pun mengapresiasi seluruh Stakeholder (pemangku kepentingan) yang membantu sukses dan lancarnya proses pendaftaran yang digelar 8-10 Januari 2018 lalu. Kendati demikian ia mengimbau, agar suksesnya pendaftaran dan kondusifnya wilayah tiga kabupaten/kota hingga berakhirnya pesta demokrasi yang bakal digelar 27 Juni 2018 mendatang. Hal itu disampaikan Firman kepada Rakyat Pos, Kamis (11/1/2018).
“Kita apresiasi kepada seluruh pihak yang telah melayani dan juga mengawal pendaftaran Pilkada yang baru saja selesai dilaksanakan. Kita harap, lancarnya pendaftaran dan daerah kita ini aman sampai Pilkada selesai,” kata Firman.
Ia pun berharap, euforia dari masing-masing bakal Paslon usai pendaftaran seyogianya dapat dilakukan dengan tetap menjaga wilayah tiga kabupaten/kota yang menggelar Pilkada tetap kondusif. Para bakal Paslon juga diimbau, dapat menyampaikan kepada para pendukung dan simpatisan agar menjaga pesta demokrasi dengan damai dan santun. “Selalu mengawal dan menjaga agar pesta demokrasi ini dapat berjalan sukses,” imbuhnya.
Kendati belum ditetapkan KPU sebagai calon yang akan mengikuti Pilkada 2018, eks komisioner KPU Kabupaten Bangka itu mengharapkan dapat menertibkan alat peraga masing-masing bakal Paslon demi ketertiban, khususnya yang berada di jalan protokol. “Pendaftaran sudah selesai, mari bersama-sama kita menjaga keindahan kota dengan tidak memasang alat peraga di jalan protokol. Ini untuk kepentingan kita dan daerah kita,” tukasnya. (ron/6)

Comment

BERITA TERBARU