4.757 Dukungan KORI Penuhi Syarat Administrasi, KPU Lanjut Verifikasi Faktual

  • Whatsapp
Ketua KPU Basel didampingi Ketua Bawaslu menyerahkan berita acara hasil verfikasi administrasi pasangan KORI. (ist)

 

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Sebanyak 4.757 syarat dukungan perbaikan pasangan calon (Paslon) perseorangan Kodi-Rusliadi memenuhi syarat pada tahapan verifikasi administrasi dilakukan pada 27 Juli – 4 Agustus. KPU Basel akan melanjutkan pada tahapan verifikasi faktual pada 8 – 16 Agustus mendatang.

 

 

Baca Lainnya

Ketua KPU Bangka Selatan, Amri R mengatakan, jumlah syarat dukungan perbaikan yang diserahkan oleh pasangan calon perseorangan KORI kepada KPU Bangka Selatan sebanyak 5.068 dukungan.

 

“Jumlah dukungan perbaikan yang dinyatakan memenuhi sayrat hasil verifikasi administrasi yaitu 4.757 dukungan. Dari hasil ini akan dilakukan verifikasi faktual yang akan dimulai dari tanggal 8 sampai 16 Agustus 2020,” kata Amri, Selasa 4 Agustus 2020.

 

Ia mengatakan, syarat minimal dukungan yang calon perseorangan pada Pilkada 2020 ini yaitu berjumlah 12.766 dukungan. Sedangkan untuk saat ini jumlah dukungan yang sudah memenuhi syarat berdasarkan rekapitulasi tingkat kabupaten Bangka Selatan, paslon perseorangan telah mengantongi 11.378 dukungan.

 

“Pada tahap verifikasi faktual yang pertama syarat dukungan yang telah dinyatakan memenuhi syarat yaitu berjumlah 11.378. Sehingga paslon perseorangan ini masih kurang 1.388. Dan pada tahap perbaikan syarat dukungan dua kalinlipat darinjumlah kekurangan yaitu 2.766 dukungan,” ujanya.

 

Amri menjelaskan, teknis verifikasi faktual syarat dukungan perbaikan calon perseorangan tidak lagi dilakukan dengan cara door to door atau datang langsung ke rumah pendukung seperti pada verikasi faktual tahap pertama.

 

“Pelaksanakan verfak itu teknisnya ada dua cara yaitu pendukung dikumpulkan oleh LO dan atau pendukungnya datang lansgung ke sekretsriat PPS untuk dilakukan verfak, artinya PPS tidak lagi melakukan verifikasi faktual dengan cara door to door,” tutupnya. (raw)

Related posts