by

315 Pemilih Keluar Bangka Selatan

Rata-rata Mahasiswa yang Kuliah ke Luar Daerah
Warga yang Belum Terdaftar Segera Melapor

TOBOALI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Selatan (Basel) mencatat pada Daftar Pemilih Tetap Tambahan ke-2 (DPT TB 2) terdapat 315 pemilih yang keluar Basel. Para pemilih tersebut telah meminta surat A5 atau pindah memilih ke KPU Basel. R

Rata-rata para pemilih yang pindah memilih adalah mahasiswa Basel yang kuliah ke luar daerah. Demikian dikatakan Ketua KPU Basel, Amri kepada wartawan Jumat (15/3/2019). Menurut Amri saat ini pihaknya sedang melakukan perbaikan DPT sampai dengan H – 30.

“Untuk pindah memilih tadi, berdasarkan PKPU form A5 bisa didapatkan sampai dengan waktu H-30, syaratnya bawa KTP, akan di cek DPT-nya di aplikasi dan akan dikeluarkan form A5. Pindah antar provinsi hanya dapat 1 surat suara Presiden saja, antar kabupaten akan dapat DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi, A5 ini bisa didapatkan di KPU asal atau KPU tujuan,” jelasnya.

Saat ini, KPU Basel juga sedang merekap Daftar Pemilih Khusus yang tidak terdaftar di DPT. Amri menyarankan, kepada warga Basel yang belum terdaftar agar segera melaporkan ke PPS untuk dimasukan ke dalam DPK. Pada tahap DPTB 1 terdapat penambahan pemilih sebanyak 56 orang.

Sedangkan pada tahap DPTB 2 ini, terdapat 191 pemilih yang baru masuk dalam 315 pemilih yang keluar. Berdasarkan pleno KPU Basel, jumlah DPT Bangka Selatan sebanyak 127.652. Di sisi lain Amri mengatakan, saat ini surat suara masih dalam proses perjalanan menuju KPU.

“Setelah surat suara tiba, akan dilakukan sortir dan pelipatan. Untuk surat suara Presiden jumlahnya 130.206, begitu juga dengan DPR RI, DPD. Sedangkan Provinsi ada tambahan 1.000 untuk persiapan PSU,” imbuhnya.

Ia berharap, Pemilu dan Pilpres 2019 ini, khusus di Bangka Selatan dapat berlangsung aman dan kondusif, serta partisipasi pemilih meningkat. (raw/3).

Comment

BERITA TERBARU