31 Mabisaka dan Pengurus Saka Bakti Husada Dilantik

  • Whatsapp
Pelantikan Mabisaka dan pengurus Saka Bakti Husada (SBH) Kwarcab Kabupaten Bangka masa bakti tahun 2019-2023, Selasa (15/10/2019). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Sebanyak 31 orang secara resmi dilantik dalam Majelis Pembimbing (Mabisaka) dan pengurus Saka Bakti Husada (SBH) Kwarcab Kabupaten Bangka masa bakti tahun 2019-2023, Selasa (15/10/2019).

Pelantikan tersebut disahkan dengan pembacaan serta penandatanganan Surat Keputusan (SK) Pembentukan Kepengurusan SBH oleh Padli selaku Ketua Kwarcab Bangka di Hutan Kota Sungailiat, Selasa (15/10/2019).

Pj Sekretaris Daerah Akhmad Mukhsin dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan pembangunan kesehatan adanya kontribusi dan peran serta aktif masyarakat secara perorangan maupun institusional, melalui wadah kesehatan bersumber daya masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada para majelis pembimbing Saka dan juga Para Pengurus Saka Bakti Husada Kwartir Cabang Bangka yang sudah dilakukan pelantikan hari ini, saya harap dapat melaksanakan apa yang sudah diamanatkan,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga meminta para pengurus tersebut untuk dapat mengajak warga lainnya dalam menjalankan pola hidup sehat.

“Para pengurus juga harus membimbing anak-anak sekolah agar baik kesehatan mereka secara perorangan, maupun menggerkaan teman- teman di sekolah serta masyarakat umumnya untuk dapat berperilaku hidup sehat, melaksanakan germas, menjaga kesehatan lingkungan, membina keluarga sehat, membina gizi dan juga mensosialisasikan tata cara penggunaan obat yang baik dan benar,” tambah Mukhsin.

Sementara itu, Kasi Promkes Dinas Kesehatan Bangka selaku Ketua pelaksana kegiatan, Susi mengatakan SBH merupakan wadah pengembangan serta membaktikan diri kepada masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Disini mereka akan dibina baik keterampilannya, menambah pengalaman dan memberikan kesempatan untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Saka Bakti Husada ini juga satu dari saka lainya yang ada di Gerakan Pramuka Indonesia,” ungkapnya.

Selain kegiatan pelantikan pengurus SBH Bangka dilakukan juga beberapa kegiatan latihan gabungan Saka Bakti Husada dengan sasaran siswa-siswa yg berasal dari Kwartir Ranting se-Kabupaten Bangka.

Kegiatan yang dilakukan berupa pergerakan pelaksanaan indikator aktivitas fisik germas berupa senam bedincak bersama yang di ikuti oleh Pj Sekda, seluruh peserta dan tamu undangan, kegiatan Nganggung Germas yaitu berupa nganggung buah-buahan untuk dikonsumsi bersama dalam rangka melaksanakan indikator Germas untuk mendorong masyarakat memperbanyak makan buah dan sayur.

“Kita juga latihan pertolongan pertama pada kecelakaan dan kegawatdaruratan yang dipimpin oleh Team PSC 119 Sepintu Sedulang Sungailiat serta diakhiri dengan materi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta kerja bakti di Hutan Kota Sungailiat,” tambah Susi. (mla/10)

Related posts