30 Mahasiswa UBB KKN di Desa Cendil

  • Whatsapp

BELITUNG – “Mencintai negeri ini tidak harus dengan melakukan sesuatu yang besar, dan tidak perlu menunggu jadi orang besar”. Begitulah kiranya prinsip yang dipegang oleh mahasiswa Universitas Bangka Belitung yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cendil, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur.

Sebanyak 30 mahasiswa yang sedang KKN di Desa Cendil melakukan berbagai program kerja sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Ada tiga program utama KKN Tematik Desa Cendil yaitu : Program Optimalisasi Potensi Pertanian, Pengelolaan Pesisir Pantai, dan Pengembangan Website Desa Cendil.

Tidak hanyaitu, ada program tambahan diantaranya program KKN Revolusi Mental, sosialisasi BPJS, serta program sosialisasi Pasar Modal dari Bursa Efek Indonesia.Mahasiswa yang sedang KKN akan bekerja sama dengan pihak desa, karang taruna serta masyarakat.

Kepala Desa Cendil, Maman Suhermanto menyampaikan beberapa hal kepada mahasiswa yang sedang KKN didesa cendil, diantaranya menyampaikan profil desa cendil, potensi daerah yang meliputi wisata hutan kerangas, budidaya madu desa cendil serta kondisi sosial ekonomi masyarakat desa cendil.

Hal ini bertujuan agar mahasiswa yang ber-KKN di Desa Cendil mengenali potensi daerah yang akan menjadi tempat pengembangan program tersebut. Diantara program yang telah dilaksanakan yaitu Program Hidroponik Skala Rumah Tangga yang dilaksanakan pada hari senin, 15 Juli 2019 di Dusun Pesarakan.

Program ini diharapkan dapat berkembang dan berkelanjutan di Dusun Pesarakan Desa Cendil sehingga dapat menjadi pemasok sayur di Pulau Belitung. (rds/6)

Related posts