3 Pasien Positif Baru Tak Pernah Keluar Kota, Diduga Terdampak Transmisi Lokal  

  • Whatsapp
Andi Budi Prayitno

RAKYATPOS.COM, PANGKALPINANG– Pasien terkonfirmasi positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali bertambah. Penambahan pasien ini, berasal dari Kabupaten Bangka, Kota Pangkalpinang  dan Bangka Tengah. Hingga saat ini, total pasien terkonfirmasi positif berjumlah 45 orang.

Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Babel, Andi Budi Prayitno atau ABP, Sabtu (30/5/2020).

“Pasien positif ini adalah IB, usia 53 tahun, jenis kelamin laki-laki, beralamat di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat, berdomisili di Bukit Baru, Pangkalpinang. Berdasarkan riwayat perjalanan, IB tidak pernah keluar daerah. Sebab itu, belum diketahui pasti di mana dan dari mana IB terpapar. Kemungkinan sementara IB termasuk ke dalam kasus transmisi lokal,” jelas ABP dalam rilis yang disampaikan GTPP Covid-19 Babel.

Dari hasil rapid test pasien IB, diperoleh hasil Reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang pada 29 Mei 2020 diperoleh hasil Positif.

Baca Lainnya

“Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan sudah dibawa pada Sabtu 30 Mei 2020 di Wisma Karantina Kota Pangkalpinang di LPMP untuk mendapatkan penanganan,” ulasnya.

Pasien kedua, berinisial G, 31 th, laki-laki, beralamat di Jalan Sinar Jaya, Sempan, Pemali, Bangka. Berdasarkan riwayat perjalanan dan riwayat kontak dengan konfirmasi positif, belum diketahui darimana G terpapar Covid-19.

Dari hasil rapid test diperoleh hasil Reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang pada 28 Mei 2020 diperoleh hasil Positif.

Saat ini l, lanjutnya, yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan sudah mendapatkan penanganan sejak Sabtu 30 Mei 2020 di Wisma Karantina Provinsi di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kemudian pasien IY, 30 tahun, perempuan, beralamat di Jalan Sungai Selan, Terak, Simpang Katis, Bangka Tengah. IY tidak pernah ke luar dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama tahun 2020. Dari hasil rapid test diperoleh hasil Reaktif, lalu dilakukan swab test terhadap yang bersangkutan dan dari hasil pemeriksaan di laboratorium RSBT Pangkalpinang pada 28 Mei 2020 diperoleh hasil Positif,” bebernya.

Saat ini yang bersangkutan dalam kondisi sehat (OTG) dan pada Sabtu 30 Mei 2020 akan dibawa ke Wisma Karantina Provinsi di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mendapatkan penanganan.

Dengan adanya penambahan 3 (tiga) kasus ini, kata ABP, total kasus konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung per hari ini, Sabtu 30 Mei 2020, menjadi 45 orang.

“Pangkalpinang 8, Bangka 6, Bangka Barat 15, Bangka Tengah 3, Bangka Selatan 2, Belitung 10, dan Belitung Timur 1,” rincinya.

ABP menyebutkan, pasien yang dalam perawatan dan penanganan saat ini berjumlah 17 orang, pasien yang sembuh 27 orang, dan yang meninggal 1 orang.

Lebih lanjut dikatakannya, sampai hari ini, jumlah sampel yang sudah diperiksa di laboratorium berjumlah 882, dengan hasil Positif 45 dan Negatif 249. Sementara sampel yang sedang dalam proses pemeriksaan berjumlah 528.

“Sampel yang dalam proses pemeriksaan, tersebar di tiga laboratorium, baik di Balitbang Kemenkes RI di Jakarta, Laboratorium Palembang, dan Labkesda Dinkes Babel,” imbuhnya.

Total Orang Tanpa Gejala (OTG) 1691 dimana dalam proses pemantauan 570, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1011 dimana dalam proses pemantauan 21, Pasien dalam Pengawasan (PDP) 92, dimana dalam proses pengawasan sebanyak 10.

Situasi di Wisma Karantina Covid-19 di BKPSDMD Provinsi Kepulauan Babel saat ini tercatat jumlah penghuni sebanyak 23 orang, dengan rincian: OTG 7, ODP 10, PDP 0, terkonfirmasi positif Covid-19 ada 6 orang, dan sembuh 20.

Sementara, untuk di Klinik Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Babel sampai Sabtu, 30 Mei 2020, sudah melakukan sebanyak 701 rapid test.

Sedangkan untuk tes swab, Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Babel, pada hari ini telah mengambil 37 spesimen, dengan total akumulasi 761 spesimen, dan tes swab yang sudah terbaca sebanyak 202 spesimen.

ABP kembali mengingatkan, agar masyarakat Babel dapat mematuhi protokol kesehatan Covid-19, sebagai langkah antisipasi pencegahan Covid-19.

“Yang utama adalah jaga kesehatan, jaga jarak, gunakan masker, sering mungkin mencuci tangan, hindari kerumunan, dan menerapkan pola hidup sehat, untuk meningkatkan imunitas,” ajaknya.(nov)

Related posts