by

3 Bulan Honorer Belum Terima Gaji

-NEWS-953 views

Anggaran Sudah Disahkan DPRD
Kendala Pemberkasan di Disdik Basel

TOBOALI – Sudah tiga bulan guru honorer atau Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kabupaten Bangka Selatan belum menerima gaji.
Permasalahan nasib honorer itu diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Basel, Samsul Bahri, kepada Rakyat Pos, Selasa (13/3/2018).
Menurutnya, keluhan ini disampaikan langsung para honorer baik guru maupun honorer Pemkab Basel kepada DPRD Basel. Oleh karenanya, Samsul menyayangkan keterlambatan proses pembayaran gaji para guru honorer dan PTT.
“Gaji itukan haknya mereka untuk membiayai kebutuhan keluarganya dirumah, dan mereka juga mau hidup, terhitung sampai 3 bulan ini mereka belum juga menerima gaji, ada apa sebenarnya, sementara anggaran sudah kita sahkan,” kata Samsul kemarin.
Begitu menerima laporan, ia langsung menghubungi Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemkab Bangka Selatan mempertanyakan persoalan tersebut.
Namun keterangan dari Bakuda tidak ada masalah untuk pencairan gaji para guru honorer dan PTT di setiap dinas atau Satuan Kerja (Satker) jika berkas sudah diajukan dan lengkap.
“Kalau dokumen, berkas pencairan dari dinas sudah lengkap, maka Bakuda siap untuk mencairkan anggarannya itu sesuai yang diajukan,” ungkapnya.
Mendengar jawaban pihak Bakuda, dewan pun meminta penjelasan Dinas Pendidikan Basel guna mengetahui apa masalah dan kendala dinas sehingga berkas pengajuan untuk pencairan anggaran gaji para guru honorer belum diserahkan ke Bakuda.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Edy Supriadi menjelaskan, gaji para guru honorer masih dalam proses pemberkasan dan dipastikannya dalam waktu dekat akan segera direalisasikan.
“Kita mau semuanya cepat, setiap awal bulan dibayar. Karenanya itu, kami sekarang mulai menata hal ini secara teknis juga harus benar. Keterlambatan karena pada bulan Januari kemarin terjadi transisi, maka saya percepat dengan membentuk Korwil (Koordinator Wilayah) Disdikbud di setiap kecamatan untuk mengkoordinir, memudahkan dan memaksimalkan pelayanan,” kata Edy.
Pihaknya meminta kepada seluruh guru honorer dan PTT di satuan pendidikan untuk bersabar karena semuanya pasti akan diselesaikan dan gaji tetap dibayar.
“Kita harap para guru dapat bersabar, semua akan kita layani dengan baik, mohon maaf ada hal-hal teknis yang masih perlu kita lengkapi dan perbaiki. Insyaallah, dalam waktu dekat ini untuk gaji bulan Januari dan Februari berkasnya segera kita ajukan ke Bakuda untuk dicairkan, begitu juga dengan gaji bulan Maret dan seterusnya kita pastikan tidak akan terjadi lagi keterlambatan pembayaran,” pungkasnya. (raw/6)

Comment

BERITA TERBARU