by

29 BUMDES Basel Dapat Bantuan Gubernur

Untuk Kembangkan Bumdes Mart

TOBOALI – Sebanyak 29 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Se Kabupaten Bangka Selatan (Basel) tahun 2019 akan menerima bantuan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Bantuan yang akan diterima mencapai Rp100 juta per Bumdes.

Bantuan ini, bertujuan untuk mengembangkan usaha Bumdes berupa Bumdes Mart melalui program “Berkah Mart”. Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) Basel, Suprayitno melalui Kabid Pemerintahan Desa Verry Mukmin kepada wartawan Senin (18/3/2019).

“Pemkab Basel melalui DSPPPAPMD dalam waktu dekat akan menerima bantuan Gubernur Babel tahun 2019, sebanyak 29 desa di kabupaten Bangka Selatan sebesar Rp. 100 juta per desa yang diperuntukkan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Tujuan utama diberikan bantuan keuangan tersebut adalah untuk mendorong pemerataan dan perkembangan wilayah dengan membuka akses hasil produksi perdesaan, meningkatkan pemberdayaan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat perdesaan dan mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat desa serta dapat menambah Pendapatan Asli Desa (PADes),” jelasnya.

Penerima Bantuan tersebut lanjut Veri dapat mengoptimalkan prinsip-prinsip transparansi, swakelola dan gotong royong, swadaya, partisipatif, akuntabel dan berkelanjutan. “Kedepan BUMDES yang telah berdiri diharapkan dapat menjadi penggerak perekonomian di desa dan sebagai sektor pendapatan asli desa,” harapnya.

Sebelumnya, tahun lalu sebanyak 5 Bumdes di Bangka Selatan mengikuti penilaian Bumdes tingkat Provinsi katagori Bumdes Pemula, Mandiri dan Maju.

Penilaian tentunya, kata Very, akan menjadi motivasi bagi Bumdes lainnya untuk terus aktif bersama masyarakat desa mengelola usahanya.

“Lima Bumdes ada yang bergerak di bidang usaha air galon isi ulang, jual beli batako, rumah makan serta café, kita harapkan tentunya dengan keberadaan Bumdes ini secara bertahap akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” pungkasnya. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU