27 Drumband Unjuk Kebolehan di Depan Bupati

  • Whatsapp
Salah satu peserta parade drum band memperingati perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di Kabupaten Bangka, Senin (19/8/2019). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT- Sebanyak 27 drumband sekolah di Kabupaten Bangka mengikuti parade drum band dalam perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia, Senin (19/8/2019). Dalam parade tersebut dibagi menjadi tiga kategori yakni pemula, junior dan kategori senior.

Kategori pemula merupakan drumband pada tingkatan sekolah dasar, junior untuk kelas SMP dan kategori senior diikuti oleh SMA se-Kabupaten Bangka. Sebanyak sembilan SD yang mengikuti drumband kategori pemula, sementara kategori junior diikuti oleh enam SMP dan 12 sekolah dikategori senior SMA dan Umum.

Parade drumband tersebut dimulai dari depan kantor kejaksaan negeri sungailiat kemudian menuju ke taman kota melalui jalan sudirman. Pertunjukan aksi drumband cilik dari siswa SD N 10 sungailiat mengawali parade yang dihadiri oleh bupati bangka, wakil bupati, perwakilan dari TNI-Polri serta kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka.

Namun penampilan dari SDN 6 Sungailiat mendapatkan apresiasi dari penonton dengan menunjukan keahlian bermain drumbandnya meskipun menggunakan kaleng dan tutup cat bekas. Bahkan koreografi anak-anak sekolah dasar itu juga terlihat rapi saat menunjukan kebolehannya di depan panggung kehormatan.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan kegiatan ini merupakan ajang hiburan untuk memeriahkan HUT ke-74 RI dan bisa dinikmati oleh masyarakat banyak. “Kepada generasi muda khusunya bagi siswa harus rajin belajar dan berlatih karena drumband adalah cabang olahraga yang dimainkan sambil baris-berbaris,” ungkapnya.

Dia turut mengingatkan kepada seluruh juri untuk bisa menilai para peserta dengan penuh kejujuran dan keadilan dalam memberikan penilaian dan menentukan siapa yang nantinya akan menjadi pemenang.

“Kepada para juri diharapkan menjadi juri yang jujur dan adil dalam menilai setiap peserta parade drumband, sesuai kode etik penjurian. Jangan sampai ada yang bagus tapi diberi nilai standar atau sebaliknya,” tambahnya.

Mulkan juga meminta agar masyarakat yang menonton parade drumband di sepanjang jalan sudirman untuk tertib dan menjaga kebersihan sekitar. “Kita minta peran serta masyarakat yang menonton agar tetap tertib dan menjaga kebersihan dan fasilitas umum yang ada,” harapnya.

Selain parade drumband, pemkab bangka juga menggelar pawai baris berbaris pada hari ini dan dilanjutkan dengan pawai karnaval, Rabu (21/8/2019) besok.(mla/2019)

Related posts