by

25 Peserta Ikuti Roadshow Pemanfaatan TIK

Sebanyak 25 peserta sedang mengikuti Pembukaan Roadshow Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Bagi Masyarakat, di Gedung Serbaguna Kecamatan Tukak Sadai, Senin (11/03/2019). (foto: dedi).

TUKAK SADAI – Sebanyak 25 orang peserta mengikuti kegiatan Roadshow Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Bagi Masyarakat, di Gedung Serbaguna Kecamatan Tukak Sadai, Senin (11/03/2019).

Para peserta yang berasal dari wilayah Kecamatan Tukak Sadai ini, sangat antusias mengikuti jalannya kegiatan, guna mendengarkan paparan narasumber dari Transmedia Jakarta Windra Hendrayana dan Bukalapak Bangka Belitung Ferdinan Handrata.

Roadshow pertama kali yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan (Basel) ini, dimaksudkan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan wawasan kepada masyarakat di Kecamatan Tukak Sadai Basel tentang hal-hal mendasar dari penggunaan internet dan media online, sehingga dalam menggunakannya, masyarakat dapat berlaku sehat dan produktif dalam berselancar di dunia maya.

Ketua Pelaksana Kegiatan Efrianita, mengatakan, tujuan kegiatan ini, adalah untuk membangun kepedulian dan kecerdasan peserta dalam mengakses dan memfilter informasi melalui dunia maya baik dalam bermedsos atau aktifitas online lainnya, sehingga informasi yang didapatkan dapat digunakan untuk kepentingan yang lebih berguna dan efektif untuk kemajuan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Tukak Sadai M. Zamroni mengatakan, saat ini pertukaran informasi sangat begitu cepat dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang pesat.

Saat ini, dikatakan dia, semua harus siap dengan perubahan teknologi informasi yang ada saat ini, karena sudah menjadi kebutuhan global.

“Mudah-mudahan kita semua dapat bersinergi. Manfaatkan dan ikuti sebaik-baiknya kegiatan ini, sehingga bisa menambah wawasan kita semua,” harap dia.

Sementara, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Basel Achmad Ansyori, melalui Sekretaris Dinas Toni Pratama saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan tersebut, menuturkan saat ini kebutuhan primer atau kebutuhan pokok manusia bukan hanya sandang, pangan dan papan, namun semakin terus meningkat menyebabkan akan kebutuhan ilmu pengetahuan dan teknologi juga semakin meningkat, salah satunya kebutuhan informasi.

Dikatakan Tony, harus mengikuti perkembangan teknologi dunia yang ada, kemajuuan teknologi sekarang sudah tidak terbatas. Namun harap dia, harus mensikapinya dengan bijak.

Ia mencontohkan, dalam menyerap informasi berita yang sering beredar dimana kebenaran perlu ditelusuri terlebih dahulu, agar terhindar informasi hoax yang sekarang marak terjadi.

“Bijaklah menggunakan internet, bermedia sosial. Gunakanlah sebaik-baiknya untuk hal yang bermanfaat,” harap dia, sekaligus berharap informasi yang diperoleh pada pertemuan kali ini bisa diteruskan kepada yang lain agar informasi yang diterima hari ini tidak terputus hanya disini.

Adapun Narasumber Bukalapak Bangka Belitung Ferdinan Handrata mengucapkan terima kasih kepada Dikominfo Basel dan pihak terkait atas terselenggaranya kegiatan ini, dan sangat mengapresiasi hal tersebut, karena ia melihat di kabupaten lain belum ada yang membuat acara yang serupa.

Menurutnya kegiatan ini luar biasa, walaupun pelaksanaannya di tingkat kecamatan, tingkat kabupaten.

“Saya juga aktif sebagai pemateri di lingkungan provinsi, dan di provinsi saja kita jarang yang melaksanakan kegiatan seperti ini, dengan mengundang narasumber yang kompeten dibidangnya. Artinya, bukan narasumber yang hanya sekedar punya nama. Ini merupakan salah satu langkah maju dari Basel, yang mungkin belum dimiliki kabupaten lain,” ungkap dia.

Selain itu, harapannya kegiatan seperti ini tidak hanya dilakukan sekali, tapi dilakukan berulang-ulang. “Kalau bisa, ini menjadi Program yang berulang, bukan hanya satu kali ini saja, tapi berkesinambungan karena sesungguhnya kegiatan seperti ini, sering melupakan output, outcome dan outreach. Seremonialnya dapet, pembinaannya tidak ada,” harap dia.

Senada, narasumber dari Transmedia Jakarta Windra Hendrayana sangat mengapresiasi, karena telah bisa hadir dan diundang dalam kegiatan seperti ini. Dirinya ingin berbagi pengetahuan, pengalaman, agar masyarakat disini bisa lebih terbantu dan lebih berkembang terutama seputar masalah teknologi nformasi.

“Disini Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, sangat disayangkan apabila tidak dimanfaatkan dengan teknologi informasi dan sosial media yang ada,” ucap dia yang nantinya akan memaparkan materi seputaran media online dan sosial media di era digital. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU