23,6 Juta Orang Diprediksi Meninggal karena Sakit Jantung

Gub Ajak Masyarakat Berperilaku Hidup Sehat

PANGKALPINANG– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rustam Effendi meminta masyarakat untuk berhenti merokok, berperilaku hidup sehat dan rutin berolahraga
untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini ditegaskan Rustam, seiring tingginya angka penyakit jantung di Indonesia dan menjadi pembunuh nomor satu.
“Kurangi konsumsi garam, gula, lemak dan pola makan yang sehat, kemudian jangan merokok karena dari rokok bisa menyebabkan jantung, stres kemudian obesitas hipertensi juga bisa menjadi pemicu jantung,” urai Rustam dalam pelantikan pengurus Yayasan Jantung Sehat cabang utama Babel, Senin (23/5/2016).

Ia menyebutkan, penyakit jantung juga tak kenal usia dan masyarakat, tak hanya diderita orang ekonomi menengah atas, tetapi juga menyerang kelas ekonomi ke bawah.

“Penderita jantung tak kenal status sosial, justru datang kepada masyarakat ekonomi menengah ke bawah, menyerang generasi muda, makanya perlu digiatkan detensi dini jantung sehat dan penanganan sedini mungkin,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia, Syahlina Zuhal mengatakan, saat ini 17,3 juta jiwa kematian disebabkan penyakit jantung, dan lebih dari 80 persen menyerang di negara berpenghasilan rendah, dan diperkirakan pada 2025 mendatang diprediksi 23,6 juta orang meninggal karena penyakit jantung.

“Di Babel sudah ada 2 klub jantung sehat, saya minta kembangkan lagi agar semakin banyak dan semakin banyak yang ikut club ini, agar pencegahan dini jantung bisa maksimal,” tandasnya.

Ia menyebutkan, untuk pencegahan dini dengan panca usaha sehat, seimbangkan gizi, enyahkan rokok, hadapi stres, awasi tekanan darah secara teratur, dan rutin berolahraga.

“Stop rokok, karena sangat merusak jantung, kemudian seimbangkan gizi makan makanan yang kadargula, garam dan lemaknya dikurangi, hipertensi penyakit tidak menular ini bisa menjurus ke jantung, makanya cegah dini dengan senam sehat,”pungkasnya.

Pengurus jantung sehat cabang utama Babel, dilantik oleh Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia di lantai 3 kantor Gubernur Babel, dan disaksikan oleh gubernur serta unsur muspida lainnya. (nov/10)

No Response

Leave a reply "23,6 Juta Orang Diprediksi Meninggal karena Sakit Jantung"