21 Kantong Darah Terkumpul di HKSN Membalong

  • Whatsapp
Petugas UTD PMI Belitung saat akan melakukan proses donor darah terhadap pendonor dari aparat kepolisian daerah setempat, Selasa (15/10/2019).(foto: dedy).

BELITUNG – Upaya untuk menambah persediaan darah terus dilakukan Palang Merah Indonesia (PMI). Seperti pada Selasa (15/10/2019), sebanyak 21 Kantong Darah terkumpul dalam Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Aksi Donor Darah yang dipusatkan di Desa Membalong, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung tersebut, dikatakan Bustam selaku Sekretaris PMI Kabupaten Belitung merupakan kerja sama Dinas Sosial Provinsi Babel dengan PMI Kabupaten Belitung.

“Kami dari UTD PMI Belitung menerjunkan sebanyak 7 orang staf UTD menggunakan mobil bus khusus untuk donor darah di lapangan,” kata Bustam.

Dari aksi sosial donor darah itu, Bustam merinci, darah yang didapat terdiri dari golongan darah A sebanyak 5 kantong, golongan darah B sebanyak 3, golongan darah O sebanyak 11 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 2 kantong. Sedangkan darah yang gagal sebanyak 1 kantong.

Bustam mengucapkan terima kasih kepada pendonor darah yang terdiri dari aparat kepolisian hingga masyarakat umum. “Semoga dengan mendonorkan darah, kondisi para pendonor darah tetap sehat, dan darah yang disumbangkan bisa digunakan bagi masyarakat atau pasien yang membutuhkan,” ungkap Bustam.
Dikesempatan terpisah, Wakil Gubernur Babel yang juga menjabat Ketua PMI Provinsi Bangka Belitung, Abdul Fatah mengapresiasi kegiatan donor darah dalam rangka Peringatan HKSN.

“Kami dorong agar setiap PMI Kabupaten/Kota yang lain juga bisa punya mobil donor lapangan seperti yang ada di Belitung. Dengan fasilitas donor ini, masyarakat yang ingin donor cukup di dalam bus donor,” ujar Abdul Fatah. (vip/3).

Related posts