206 Napi Lapas Bukit Semut Dapat Remisi, 12 Langsung Bebas

  • Whatsapp
Bupati Bangka, Mulkan didampingi Kalapas saat menyerahkan SK remisi Hari Kemerdekaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (RI), Sabtu (7/8/2019). (foto: Riski Yuliandri)

SUNGAILIAT – Sebanyak 206 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bukit Semut, Sungailiat mendapat remisi Hari Kemerdekaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI, Sabtu (7/8/2019).

Kepala Lapas Kelas IIB Bukit Semut, Fauzol Ansori mengatakan pemberian remisi tersebut berbeda-beda sesuai dengan syarat dari pusat yakni berlakuan baik selama menjalani masa pembinaan di lapas.

“Berdasarkan keputusan ini, ada 206 orang yang dapat remisi umum dan dibagai antara lain remisi sebukan sebanyak 54 orang, dua bulan 39 orang, tiga bulan 60 orang, empat bulan 30 orang, lima bulan 19 orang dan enam bulan satu orang,” ungkap Fauzol.

Selain itu, dia mengatakan terdapat 12 warga binaan yang mendapatkan remisi dan langsung bebas.
“Mereka yang mendapatkan remisi langsung bebas ini karena masa tahanannya yang sudah tidak lama lagi,” tambahnya.

Dia menyampaikan terdapat beberapa warga binaan yang mendapatkan remisi umum terkait PP 99 tahun 2012 yakni dua orang mendapatkan pengurangan dua bulan, tiga orang tiga bulan dan dua orang pengurangan empat bulan.”Pada remisi umum terkait PP 99 tahun 2012 ini pengurangan satu dan enam bulannya tidak ada,” tambahnya.

Di Lapas Kelas IIB Bukit Semut diketahui terdapat 389 warga binaan yang terdiri dari 262 narapidana laki-laki, 110 tahanan laki-laki, 7 narapidana perempuan dan 10 tahanan perempuan. Kasus dari warga binaan tersebut juga beragam mulai dari pencurian, narkoba hingga kasus perlindungan anak.

“Kasus yang menonjol di lapas ini yaitu kasus pencurian sebanyak 108 orang, kemudian kasus perlindungan anak 105 orang dan narkoba sebanyak 51 orang,” terang Ansori.

Dalam acara pemberian remisi tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bangka, Mulkan dan wakilnya, Syahbudin setelah melakukan upacara penaikan bendera dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Sungailiat. Penyerahan surat keputusan remisi dari Kemenkumham tersebut langsung disampaikan oleh Mulkan. (mla/10)

Related posts