204 Peserta Ikuti STQ Ke-X Tingkat Kabupaten Bangka

  • Whatsapp

SUNGAILIAT- Lantunan ayat suci Al Qurán yang dilantunkan Qori Internasional, H. Muhammad Ali, mengawali pembukaan perhelatan akbar Seleksi Tilawatil Qurán (STQ) ke-X tingkat Kabupaten Bangka, Senin malam (3/4/2017) di halaman Masjid Agung Sungailiat, Jalan A. Yani, Sungailiat.

H. Muhammad Ali, merupakan Qori yang berhasil menjadi juara internasional pada tahun 2009 dan sekaligus menjadi pembina halaqoh qori-qoriah Kabupaten Bangka. Lantunan kalam ilahi yang diperdengarkan H. M. Ali membuat para tamu undangan takjub mendengarnya.

Bupati Bangka, Ir. H. Tarmizi H. Saat, MM yang membuka secara resmi kegiatan tersebut mengharapkan agar perhelatan STQ ke-X tingkat Kabupaten Bangka ini bisa berlangsung dengan baik sehingga bisa menghasilkan qori-qoriah terbaik di Kabupaten Bangka.

Dalam kegiatan STQ yang dihadiri juga oleh Wakil Bupati Bangka, Drs. Rustamsyah, unsur Forkominda Kabupaten Bangka, Ketua MUI Bangka, NU, Muhammaddiyah, dan para tamu undangan lainnya, Bupati Bangka juga meminta dukungan para ulama dan Forkominda Kabupaten Bangka untuk menyukseskan program-program pembangunan di Kabupaten Bangka seperti Bunaktuslah (Perburuan anak putus sekolah), program mencegah anak yang meninggal dunia sewaktu melahirkan, BUMILRISTI (Perburuan Ibu Hamil Beresiko Tinggi), Buratuhiri (Perburuan Orang Tua Hidup Sendiri), dan Sedekah Lima Ratus Rupiah sehari (SEMARI).

‘’Kabupaten Bangka mempunyai banyak kegiatan seperti STQ yang dilaksanakan hingga tanggal 7 April, tanggal 4 April kedatangan Ibu Menteri Sosial, Bangka Expo, dan Sungailiat Triathlon. Saya mengharapkan kepada warga Kota Sungailiat agar mempersiapkan kota ini menjadi kota ramah, religius dan welcome kepada seluruh umat beragama,’’jelas Bupati Bangka.

Dikatakannya lagi, dalam STQ Kabupaten Bangka diharapkan qori-qoriah yang tampil adalah yang terbaik dan bisa mengharumkan nama Kabupaten Bangka di tingkat Provinsi yang juga akan diselenggarakan di Kabupaten Bangka tepatnya di Masjid Al Ijtihad Sungailiat.

Dalam perhelatan STQ Kabupaten Bangka ini juga disiapkan soal-soal untuk dijawab oleh pengunjung yang menghadiri STQ di Masjid Agung dan akan diberikan 20 hadiah setiap malamnya yang merupakan salah satu bentuk amal jariyah dari SKPD Pemda Bangka.

‘’Saya dan Wakil Bupati komitmen kepada setiap umat beragama bisa menjalankan agamanya masing-masing. Kita sebagai umat yang mayoritas harus memberi contoh yang baik,’’harap Bupati.

Sementara itu, Ketua panitia, Arman Agus, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan itu adalah untuk mendukung program Pemda dalam memberantas buta aksara Al Qurán dan lebih memasyarakatkan Al Qurán di tengah kehidupan masyarakat, memberi kesempatan kepada para generasi muda yang berprestasi dalam seni baca, menulis, menghafal serta memahami isi Al Qurán dalam rangka mewujudkan pencapaian prestasi generasi muda Bangka di bidang IMTAQ, serta menyeleksi peserta terbaik guna persiapan mengikuti STQ tingkat Provinsi dan STQ tingkat Nasional di Tarakan, Kalimantan Timur.

‘’Peserta yang mengikuti STQ ini sebanyak 204 orang dari 8 Kecamatan se Kabupaten Bangka dengan cabang yang diperlombakan yakni tilawatil qurán, Hifdzil, Syarhil, Fahmil, dan Khotil Qurán yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 3-7 April 2017 di Masjid Agung Sungailiat,’’terang Arman yang juga menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Sekda Bangka.

Pada siang harinya, tepatnya usai Sholat Dzhuhur, Bupati Bangka juga menghadiri Pawai Taaruf yang diikuti para peserta STQ dan anak-anak pesantren dengan rute mulai dari depan masjid Agung dan finish di Jalan Pemuda Sungailiat.

Adapun rangkaian acara pembukaan STQ kemarin malam adalah pembacaan kalam ilahi, penyerahan trophy bergilir dari Camat Mendobarat kepada Ketua Panitia, penampilan rebana majelis taklim Muslimat Nadhatul Ulama (NU) Bangka, penampilan Sholawat dari Majelis taklim Masjid Agung Sungailiat, laporan ketua panitia, pembacaan SK dewan hakim, pelantikan dewan hakim sekaligus pemakaian baju jubah dewan hakim secara simbolis oleh Bupati Bangka, sambutan Bupati Bangka, dan ditutup dengan pembacaan doa. (Eddo Richardo/Humas Pemkab Bangka)

Related posts