by

203 CPNS Basel Terima SK Pengangkatan

Bupati Bangka Selatan Justiar Noer menyerahkan SK Pengangkatan CPNS kepada 203 orang peserta yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi Pengadaan CPNS Kabupaten Bangka Selatan Formasi Tahun 2018. Penyerahan SK di Balai Daerah Sabtu (16/02/2019) ini, berdasarkan Keputusan Bupati Bangka Selatan Nomor 188.45/43/BKPSDMD/2019 tanggal 31 Januari 2019.(foto: dedi).

Tidak Ajukan Pindah Sekurangnya 10 Tahun

TOBOALI – Bupati Bangka Selatan Justiar Noer secara resmi menyerahkan SK Pengangkatan CPNS kepada 203 orang peserta yang dinyatakan lulus tahap akhir seleksi Pengadaan CPNS Kabupaten Bangka Selatan Formasi Tahun 2018.

Penyerahan SK di Balai Daerah Sabtu (16/02/2019) pagi ini, berdasarkan Keputusan Bupati Bangka Selatan Nomor 188.45/43/BKPSDMD/2019 tanggal 31 Januari 2019 perihal Pengangkatan Pegawai Negeri Sipil.

Justiar dalam sambutannya mengatakan, salah satu langkah reformasi di bidang sumber daya manusia aparatur adalah reformasi sistem pengadaan CPNS. Maka, sistem seleksi pengadaan CPNS diselenggarakan secara kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, serta tidak dipungut biaya.

“Melalui sistem penyaringan Pegawai Negeri Sipil yang berbasis kompetensi, kami yakin bahwa saudara-saudara adalah putra-putri terbaik bangsa yang layak untuk diangkat sebagai CPNS,” ungkap Justiar.

Ia menyebutkan, pegawai PNS atau dengan sebutan sekarang ASN, sebagai unsur aparatur negara, mempunyai fungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, dan perekat dan pemersatu bangsa.

Lebih jauh diungkapkan Justisar, CPNS wajib menjalani masa percobaan sebelum diangkat menjadi PNS. Masa percobaan selama sekurang-kurangnya 1 tahun dengan menunjukkan kinerja yang sebaik-baiknya.
Selama masa percobaan, kata dia, akan melalui proses pendidikan dan pelatihan dasar untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi, nasionalisme dan kebangsaan karakter kepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Setelah mengikuti dan lulus diklat dasar, akan dievaluasi dari segi kecakapan, sikap budi pekerti maupun persyaratan kesehatan. Jika dipandang cakap dan semua persyaratan telah dipenuhi maka baru dapat diangkat menjadi PNS.

Namun, ditambahkan Justiar, apabila yang terjadi sebaliknya, maka ada kemungkinan tidak dapat diangkat atau bahkan bisa diberhentikan sebagai CPNS.

Selain itu, sambung dia, juga harus bersedia dan tidak ada alasan untuk menolak dalam hal penempatan karena berbagai hal dan janganlah terbesit untuk mengajukan pindah ke luar daerah. “Sesuai ketentuan peraturan Menpan RB Nomor 36 Tahun 2018, telah diwajibkan membuat surat pernyataan di atas materai, bersedia mengabdi dan tidak mengajukan pindah dengan alasan apapun sekurang-kurangnya 10 tahun sejak TMT PNS. Apabila tetap mengajukan pindah, maka dianggap mengundurkan diri dan dapat diberhentikan sebagai CPNS atau PNS,” terang dia. (raw/3)

Comment

BERITA TERBARU