2022, Babel Harus Jadi Provinsi Layak Anak

  • Whatsapp
Susanti

PANGKALPINANG- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) mendorong lima kabupaten dan satu kota untuk menjadi kabupaten/kota layak anak (KLA). Tujuannya agar Provinsi Babel juga ditetapkan sebagai provinsi layak anak (provila).

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Pemprov Babel, Susanti. Saat ini, menurut dia, baru satu kabupaten di Provinsi Babel yang sudah ditetapkan menjadi KLA yakni Bangka Tengah.

“Syarat menjadi provila itu minimal lima kabupaten sudah menjadi KLA, kita kan baru satu Bangka Tengah, yang lain baru deklarasi, ini yang terus kita dorong dan kita bimbing agar jadi KLA,” ujar Susanti kepada wartawan, usai rapat provila bersama stakeholder terkait di ruang rapat Tanjung Pesona, Kantor Gubernur Babel, Jum’at (23/11/2018).

Dia menyebutkan, dengan menjadi provila, maka Provinsi Babel harus memenuhi hak-hak anak, diantaranya hak hidup, tumbuh kembang, perlindungan dan partisipasi. “Kita targetkan tahun depan kabupaten menjadi KLA, kemudian Babel paling lambat 2022 harus sudah ditetapkan menjadi provila,” tandasnya.

Dalam rapat tersebut, kata Susanti, pihaknya menghadirkan stakeholder terkait, seperti dunia usaha dan media massa, karena memiliki keterkaitannya dalam KLA dan provila. “Dunia usaha bisa berperan aktif mewujudkan KLA, mungkin nanti kita bikin asosiasi sahabat anak, dengan kerja sama dan bersinergi dengan baik,” imbuhnya.

Dia menambahkan, setelah kabupaten dan kota berkomitmen dengan mendeklarasikan KLA, harus memenuhi 24 indikator yang disyaratkan, setelah itu baru dipetakan bagaimana kondisi di masing-masing daerah.

“Apa kendalanya kita bantu, setelah itu kita bentuk rencana aksi, pemenuhannya sampai dimana untuk menutup hal-hal yang kurang, kemudian baru bentuk gugus tugas, siapa mengerjakan apa, mudah-mudahan segeralah ditetapkan kabupaten kita menjadi KLA,” pungkasnya.(nov/10)

Related posts