2020, Tanjung Ketapang Jadi Kawasan Eksotis

  • Whatsapp
Herman
Plt Kepala Bappeda Basel

RAKYATPOS.COM, TOBOALI – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan akan segera memiliki kelurahan wisata dalam waktu dekat ini. Desa wisata tersebut akan dinamakan ‘Excotic Village of Tanjung Ketapang’.
Pada tahun 2020 mendatang Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan akan menata Kelurahan Tanjung Ketapang, Toboali menjadi kawasan yang eksotis dan terbangun.

“Kawasan yang kesannya kumuh ini akan kita tata menjadi daerah terbangun. Kita tata, kolaborasi melalui dana kecamatan, kelurahan, Dinas LH, PU,” ujar Plt Kepala Bappeda Basel Herman, Rabu (18/12/2019).

Read More

Wilayah ekstotis tersebut, sebagaimana yang ada di dalam perencanaan memiliki konsep tematik. Di sana akan ada landmark atau papan nama bertuliskan Welcome to Tanjung Ketapang.

“Ada juga seni mural, grafiti semua masuk di situ. Akan ada saung pertemuan juga, restoran terapung. Kita mulai action nya pada tahun 2020 mendatang, untuk kapan selesainya, tergantung dana,” ujarnya.
Herman menjelaskan, rencana aksi dengan design yang demikian telah dikonsep pasca pihaknya turun langsung ke lapangan. Tak sendirian, namun melibatkan komunitas pemuda yang ada di Basel.

“Bagaimana image nya nanti, tentu sangat mendukung penataan kota. Ketika kita selesaikan tata kota dari simpang nanas sampai tugu simpang lima, namun nelayan tidak kita benah maka percuma,” jelasnya.

Sebelumnya, Herman, Tahun 2020 , Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik yang akan diterima Pemkab Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung atau meningkat sebesar 10 persen dari tahun 2019 atau sebesar Rp 121 Milyar dari tahun 2019 hanya sebesar Rp 110 milyar.

Ia menambahkan, untuk DAK tahun 2020 penggunaannya akan tetap dikonsentrasikan ke beberapa bidang atau sektor yang sama seperti tahun 2019.

“DAK tahun 2020 akan diprioritaskan kepada program strategis yang ada di bidang Pendidikan, Kesehatan, Sanitasi, Jalan dan Pasar,” tuturnya.

Alokasi DAK untuk bidang-bidang tersebut, lanjut Herman, sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah yang sesuai dengan arah sasaran prioritas pemerintah pusat, propinsi maupun Kabupaten Bangka Selatan.

Related posts