by

2020, Pemprov Babel Targetkan Bangun 48 Dermaga

-Berita Kota-131 views

PANGKALPINANG- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menargetkan pada tahun 2020 memiliki 48 dermaga yang siap meningkatkan konektivitas antarpulau.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Babel, KA. Tajuddin mengatakan, pembangunan 48 dermaga ini sudah disepakati dalam rapat koordinasi gubernur dengan bupati dan walikota beberapa waktu lalu.

“Lokasi adalah usulan kabupaten kota masing-masing dan sudah dibagi tanggungjawab, baik provinsi, kabupaten ataupun pusat,” kata Tajuddin kepada wartawan, belum lama ini.

Provinsi, kata dia, membuat grand desain dermaga, kemudian kabupaten dan kota membuat dokumen feasibility study (study kelayakan), DED (Detail Engineering Design), SID (Survei Investigasi dan Desain (SID), RIP (Rencana Induk Proyek), kesiapan lahan dan lainnya.

“Sementara yang membangun fisiknya adalah pemerintah pusat. Untuk provinsi kita buatkan di 2019, mungkin juga paralel dengan dokumen perencanaan yang dibuatkan kabupaten, tahun 2020-2021 diharapkan sudah ada pembangunan fisik,” harapnya.

Ke- 48 dermaga ini, diantaranya adalah dermaga yang sudah ada sekitar 20 persen seperti di Tanjung Nyatoh, Pongok, Lepar dan lainnya. Sementara sisanya sekitar 80 persen merupakan pelabuhan baru untuk membuka aksesibilitas ke berbagai pulau-pulau terluar di Babel.

Disinggung pengawasan pelabuhan ini, Tajuddin menegaskan pelabuhan ini akan dikelola pemerintah dan dibawah pengawasan pemerintah bekerjasama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) .

“Pelabuhan ini tidak akan lepas dari pengawasan, setiap akan bongkar muat akan dilakukan pengawasan oleh petugas yang berwenang, KSOP dan dari dinas perhubungan,” tegasnya.

Yang dikhawatirkan, imbuh mantan kepala dinas pariwisata Babel ini adalah pelabuhan ilegal, yang nantinya akan ditertibkan bersama aparat keamanan.

“Kita memang belum punya data pelabuhan ilegal ini, tapi indikasi ada beberapa yang perlu kita tertibkan kan, apakah punya izin atau tidak pelabuhan ini,” katanya.

Dengan adanya dermaga ini, dia mengharapkan akses keluar masuk ke berbagai pulau di Provinsi Babel bisa berjalan dengan baik dan tidak terjadi kendala, karena selama ini untuk sandar kapal dan perahu masih mengalami kendala. (nov/10)

Comment

BERITA TERBARU