2020, Pemkot Anggarkan Uang Saku Bagi Calon Haji

  • Whatsapp

PANGKALPINANG – Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil alias Molen sedang mengupayakan bantuan uang saku bagi calon jemaah haji di daerah itu. Rencananya bantuan uang saku bersumber dari APBD itu akan direalisasikan pada tahun 2020 melalui Bagian Kesejahteraa Rakyat (Kesra).

“Insya Allah kita akan menganggarkan dana untuk bantuan uang saku jamaah calon haji. Saya juga minta ke Bagian Kesra untuk menganggarkan dana tersebut agar bisa membantu jamaah calon haji kita,” ungkap Molen saat melepas 272 calon haji di Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (10/7/2019).

Molen merasa sedih karena tidak adanya bantuan berupa uang saku dari Pemerintah Kota Pangkalpinang kepada para calon haji yang akan diberangkatkan pada 14 Juli mendatang dari Asrama Haji Bangka Belitung menuju embarkasi Palembang.

“Sedih karena tidak bisa membantu bapak-ibu yang berangkat haji tahun ini, karena saya baru dilantik pada bulan November dan penganggaran sudah ketok palu, tapi Insya Allah kedepan kita berikhtiar ini bisa kita anggarkan. Kami akan upayakan,” ujarnya.

Menurutnya, tahun ini Pemkot Pangkalpinang hanya bisa membantu di bagian kesehatan saja seperti menyiapkan obat-obatan dan kebutuhan kesehatan yang diperlukan oleh jamaah calon haji selama berada di tanah suci.

“Saya atas nama pemerintah kota mohon maaf karena belum bisa membantu bapak ibu yang berangkat tahun ini. Kami hanya bisa membantu pada bagian kesehatannya saja. Tapi kami akan perjuangkan hal yang lebih untuk calon haji kedepan,” katanya.

Jangan Sering Main HP

Molen dalam kesempatan itu meminta kepda calon jamaah haji yang akan berangkat untuk tetap menjaga kekompakan dan menjaga nama baik daerah selama menjalankan ibadah haji.

“Tolong jaga kekompakan dan nama baik Pangkalpinang dan yang paling utama sekali jaga kesehatan. Semoga keberangkatan ini menjadi amal ibadah bapak ibu semuanya,” katanya.

Ia mengatakan, calon jamaah haji yang diberangkatkan tahun ini merupakan orang-orang yang dipilih oleh Allah untuk bertaamu kerumah-Nya menjalankan ibadah haji ke tanah suci.

“Orang yang mau berangkat haji, daftar sekarang 17 tahun akan datang baru bisa, entah masih hidup atau tidak, belum ada yang tahu. Dan saya juga menunggu giliran untuk bisa berangkat haji bersama keluarga,” ujarnya.

Pria yang biasa disapa Molen ini menghimbau kepada calon jamaah haji untuk mengurangi penggunaan handphone (HP) dan fokus beribadah selama berada di tanah suci agar bisa mendapatkan haji yang mabrur.

“Saya atas nama pribadi dan nama pemerintah kota mengucapkan selamat jalan kepada calon jamaah haji, semoga diberi keselamatan, kesehatan, serta kelancaran dan menjadi haji yang mabrur dan pulang dalam keadaan sehat,”ujarnya. (bum/10)

Related posts