2020, Dinas Pertanian Bagikan 2,8 Juta Bibit Lada

  • Whatsapp
foto ilustrasi

PANGKALPINANG – Tahun ini, Dinas Pertanian (Distan) Pemprov Bangka Belitung (Babel) akan membagikan sebanyak 2.860.000 batang bibit lada gratis kepada kelompok tani.

Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Babel, Erwin Krisnawinata mengatakan untuk tahun 2019 jumlah bibit lada yang sudah dibagikan kepada kelompok tani sebanyak 1.920.000 batang.

“1,9 juta bibit ini sudah ditanam dilahan seluas 3.200 hektar tersebar di 6 Kabupaten di Provinsi Bangka Belitung,” kata Erwin kepada wartawan, belum lama ini.

Bibit tersebut, terangnya, sudah disertifikasi dan unggul dengan varietas Petaling 1 dan Nyelungkup, hasil dari 13 penangkar, dimana 3 penangkar berada di Pulau Belitung.

Baca Lainnya

“Tahun ini, kita targetkan akan membagikan dua kali lipat dari tahun sebelumnya yakni 2,8 juta batang. Hanya saja kita belum mengetahui berapa besar dana APBN untuk penyediaan bibit tersebut karena belum menerima DPA nya,” ulasnya.

Petani, lanjut Erwin, sangat antusias mendapatkan bibit lada gratis ini. Setiap petani, diakuinya, bahkan menginginkan lebih dari 500 batang.

Dia menambahkan, pihaknya sudah melakukan pembinaan terhadap petani mulai sosialisasi dan pembinaan, bagaimana petani bisa mengikuti SOP yang sudah ditetapkan seperti penanaman dengan tajar hidup, bibit bermutu dan agen pengendali hayati.

“Poin-poin itu untuk meningkatkan produktivitas lada sudah kita sampaikan, mudah-mudahan teman-teman penyuluh juga lebih giat dan aktif, agar petani terus bersemangat bertanam lada,” pungkasnya. (nov/10)

Related posts