2019, Skala Upah Tuntas Diterapkan

No comment 106 views

PANGKALPINANG- Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemprov Bangka Belitung (Babel), Didik Suprapto menargetkan, pada tahun 2018 mendatang semua perusahaan di Babel sudah menerapkan sistem pengupahan dengan skala upah.

“Kita targetkan 2019 sudah semua diterapkan kalau nanti sudah bisa di akhir 2018, ya kita apresiasi dong,” ujar Didik kepada wartawan belum lama ini.

Menurut dia, ada beberapa kendala yang menyebabkan skala upah ini belum bisa diterapkan, selain kurangnya pengawasan untuk sosialisasi ke semua perusahaan, persoalan sarana juga terbatas.

“Kita tak bisa menjangkau ke seluruh perusahaan yang ada, sarana terbatas, personil terbatas, untuk kumpulkan semua juga terbatas, makanya bertahap kita terapkan,” tambahnya.

Berdasarkan aturan, dua tahun pasca PP No. 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan disahkan, penerapan skala upah ini harus sudah diterapkan, namun lantaran keterbatasan sehingga di Babel belum bisa diterapkan secara keseluruhan pada Oktober ini.

“Semua perusahaan harus sudah melaksanakan Oktober ini, begitu penetapan nanti akan terus kita giatkan perusahaan terapkan skala upah, ada yang sederhana tapi bertingkat dari skala rendah ke tinggi,” jelasnya.

Untuk beberapa BUMN sambungnya, sudah menerapkan sistem skala upah, pemberian gaji sudah berdasarkan masa kerja dan pendidikan dan lainnya dengan sistem grade golongan dan lainnya.

“Ada beberapa kabupaten kota berpendapat dewan pengupahan gak ada tugas lagi dong kalau begitu, itu salah, justru berat kerjanya, karena mendorong penerapan skala upah di perusahaan,” imbuh Didik.

Diakui Didik, baru sekitar 10-20 persen perusahaan di Babel yang menerapkan skala upah, oleh karena itu disnaker akan terus melakukan sosialiasi agar semua bisa menerapkan skala upah, sehingga UMP nantinya menjadi acuan batas terendah dalam pembayaran upah.
“10-20 persen ini ada perusahaan tambang, perkebunan, jasa dan perhotelan,” katanya.

Disinggung sanksi, Didik menyebutkan, memang ada sanksi yang akan diterapkan apabila perusahaan tidak menerapkan skala upah ini, namun tidak serta merta diterapkan tanpa sosialisasi dan pembinaan.

“Pasti ada sanksi, bisa teguran, dan terberat bisa penghentian sementara, tapi kita bina dulu, kalau gak bisa dibina ya baru kita sanksi,” pungkasnya. (nov/10)

No Response

Leave a reply "2019, Skala Upah Tuntas Diterapkan"