2019, Pemprov Babel Bangun 200 RLH

  • Whatsapp

Satu Rumah Rp60 Juta

PANGKALPINANG- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) merencanakan untuk membangun rumah layak huni (RLH) bagi 200 penduduk pada tahun depan. RLH ini akan dibangun oleh kabupaten dan kota melalui bantuan keuangan yang dikucurkan Pemprov Babel.

Kepala Bappeda Babel Fery Insani mengatakan, 200 unit rumah ini akan dibangun dengan alokasi satu unit rumah sebesar Rp60 juta. “Kalau tahun depan rencananya kita akan membangun 200 unit rumah tidak layak menjadi RLH, satu rumah anggarannya Rp60 juta, kalau tahun ini ada Rp12 miliar kalau enggak salah,” kata Fery, akhir pekan lalu.

Menurut Fery, anggaran untuk pembangunan 200 unit rumah ini akan dibagi untuk beberapa kabupaten dan kota dan diharapkan menjadi program berkelanjutan, terutama di daerah yang sempat terjadi bencana.

“Ini dari APBD, mudah-mudahan nanti dari APBN juga ada, untuk APBD ini masih silang, maka dalam bentuk bantuan keuangan atau daba ke kabupaten dan kota. Tetapi salah satu menunya adalah rumah layak huni,” terangnya.

Untuk persyaratan, kata dia, umumnya masih sama dengan penerima bantuan serupa dan diharapkan memang adalah rumah warga yang betul-betul tidak layak, sehingga dengan bantuan ini menjadi layak huni dan menjadi lebih sejahtera. “Kami juga akan berkoordinasi dengan DPRD untuk program ini,” pungkasnya. (nov/10)

Related posts