by

2019, Pemkab Beltim Hapus Honorarium Kegiatan

Penerapan Tunjangan Berbasis Kelas Jabatan

Manggar – Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi memastikan mulai tahun anggaran 2019 mendatang Pemkab Beltim akan menerapkan Tunjangan Penambahan Pendapatan (TPP) berbasis kelas jabatan. Seluruh honorarium kegiatan yang diterima baik dari PNS ataupun Pegawai Tidak Tetap (PTT) akan dihapuskan.

Ikhwan mengatakan penerapan pemberian Tunjangan Kinerja (tukin) atau tunjangan berbasis kelas jabatan wajib dilaksanakan di tahun 2019. Mengingat penerapan rencana aksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah ditandatangani Bupati Beltim harus dipenuhi tahun depan.

“Insya Allah kita positif melaksanakannya. Kita menyesuaikan dengan aturan yang ada, dari KPK lho aturan ini,” ujar Ikwan seusai bertemu dengan Sekda Kota Pangkalpinang, Jum’at (5/10/2018).

Ikhwan mengakui jika beberapa honorarium PNS yang didapat dari kegiatan akan dihilangkan. Ditekankannya dalam TPP nantinya, PNS akan memperoleh lebih banyak dan merata sesuai dengan kelas jabatan yang sebelumnya telah ditetapkan dan dianalisa oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

“Nanti uang makan, honor, dan lain sebagainya akan terkumulasi dalam tukin. Kalau pakai honor, tidak semua PNS dapat, hanya PNS tertentu,” jelas Ikwan.

Namun ditambahkannya tidak semua honor yang dihilangkan, hanya yang terkait tugas pokok dan fungsi PNS.

“Yang masih bisa diberikan itu berupa honorarium PA/KPA, PPK, PPTK, PPHP, Pokja pengadaan barang dan jasa, upah pungut, asisten teknis, narasumber, uang lembur dan lain-lain yang di luar Tupoksi atau ada aturan yang lebih tinggi,” jelas Ikhwan.

Terkait kekhawatiran adanya pengurangan pendapatan yang dikeluhkan sebagian besar pejabat dan PNS di Pemkab Beltim, menurut Ikwan hal itu lebih dikarenakan mereka tidak memahami aturan tentang pemberian tukin.

“Salah kalau mereka merasa berkurang. Ini kita masih dalam proses selain kita menetapkan kita juga mensosialisasikan kepada OPD-OPD di Pemkab Beltim pimpinan OPD harus pahami dulu aturannya,” tukas Ikwan. (dny/kmf/3)

Comment

BERITA TERBARU