2019, Anggota DPRD Bateng Tetap 25 Kursi

No comment 151 views

Jumlah Penduduk Semester Pertama 175.000 Jiwa

KOBA – Kuota kursi Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) tahun 2019 nanti diprediksi tetap 25 kursi sama dengan kuota kursi pada tahun 2014 silam.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bateng, Suryansyah bahwa tidak berkurangnya jumlah kursi, karena tidak bertambahnya jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) dan jumlah penduduk.

“Jumlah kuota kursi anggota legislatif DPRD Bateng tidak memungkinkan lagi bakal bertambah, karena tidak bertambahnya jumlah dapil dan jumlah penduduk,” ujarnya saat dikonfirmasi Rakyat Pos, Selasa pekan kemarin.

Dikatakannya, jumlah penduduk Bateng semester pertama berjumlah 175.000 jiwa (Kemendagri 2017-red) dibandingkan pada tahun 2014 sebanyak 180.222 jiwa dikarenakan terjadi perubahan data SIAK atau menurun sebanyak 5000 lebih.

“Dari angka itu, kemungkinan tidak ada penambahan kursi. Kalau ada penambahan kursi, itu mestinya ada penambahan dapil lantaran bertambahnya jumlah penduduk, jadi tetap 25 kursi hingga saat ini,” terangnya.

Ia mengungkapkan, Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) baru diperoleh pada tanggal 17 Desember 2017 ini.
Lanjutnya, secara simulasi masing-masing kecamatan baru bisa dihitung.
“Simulasi cara penghitungan kursi, menentukan jumlah kursi 180.222 jiwa sama dengan 25 kursi. Kemudian menentukan Bilangan Pembagi Pemilih (BPPd) caranya 180.222 dibagi 25 atau jumlah kursi. Kemudian menentukan estimasi kursi perkecamatan yakni jumlah penduduk per kecamatan dibagi BPPd tadi, sehingga dapatlah estimasi jumlah kursi per kecamatan,” tuturnya.

Terakhir, mengelompokkan dapil tambah Surya. Karena tidak ada kecamatan yang estimasi alokasi kursinya melebihi 12 kursi, sehingga tidak harus dipecah dan harus ada penggabungan antar kecamatan untuk membentuk daerah pemilihan.

“Contoh pengelompokkan, Dapil 1 Kecamatan Koba ditambah Kecamatan Lubuk Besar, Dapil 2 Kecamatan Sungai Selan ditambah Kecamatan Simpang Katis, dan Kecamatan Pangkalan Baru ditambah Kecamatan Namang. Untuk kuota kursi DPRD Provinsi Dapil Bateng tetap 6 kursi. Pelaksanaan simulasi ini akan digelar pada tanggal 18 Desember 2017,” terangnya.(ran/3).

No Response

Leave a reply "2019, Anggota DPRD Bateng Tetap 25 Kursi"