2017, Serapan Anggaran Ditarget 91 Persen

  • Whatsapp

Budiman: Serapan Fisik 100 Persen

PANGKALPINANG- Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menargetkan serapan anggaran keuangan pada tahun 2017 mencapai 91 persen atau naik 1,2 persen dari tahun sebelumnya.

“Sejak tiga tahun berturut realisasi serapan keuangan terus meningkat, dari target 86 persen, meskipun belum mencapai 90 persen, tetapi setiap tahun terus mengalami peningkatan,” kata Asisten Sekda bidang Ekonomi Pembangunan, Budiman Ginting, Kamis (2/3/2017).

Ia merinci, pada tahun 2014 realisasi anggaran 81 persen dari target 86 persen, sementara pada 2015 target 87,2 persen, realisasinya 85,1 persen, dan pada 2016 dan targhet 90 persen, realisasinya 88,5 persen di 2016.

“Karena itu tahun ini ditargetkan realisasi serapan keuangan mencapai 91 persen,” kata Budiman.

Ia mengatakan sesuai kesepakatan bersama dengan 42 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ada di lingkungan Pemprov Babel, setiap bulan pihaknya menargetkan realisasi keuangan SKPD mencapai 10 persen. Dan di triwulan ketiga 2017, target dinaikkan lebih dari 10 persen sehingga di triwulan keempat target realisasi sudah tercapai.

“Untuk diawal semua SKPD perbulannya kita targetkan 10 persen sehingga di triwulan ketiga dan keempat tidak sulit lagi mengejar pencapaiannya. Biro pembangunan harus rekap dulu dari semua SKPD sehingga digrafik kurva “S” tidak lagi mempersoalkan target, tinggal mengecek realisasinya,” bebernya.

Pemprov sambungnya, tidak dapat menargetkan serapan anggaran keuangan 100 persen, karena di setiap tahunnya akan selalu ada efisiensi anggaran dan sisa tender yang tidak terlaksana disetiap tahun.

“Kita tidak dapat menargetkan serapan anggaran 100 persen, karena selalu ada sisa tender dan efisiensi keuangan. Terkecuali serapan fisik yang selalu kita targetkan 100 persen, seperti tahun lalu serapan fisik kita mencapai 98 persen,” tandasnya.

Ditetapkannya target serapan anggaran ini, Budiman berharap di 2017, serapan anggaran keuangan dan fisik Babel mencapai target sehingga semua kegiatan dan pembangunan yang dijalankan oleh pemerintah berjalan optimal.

“Dalam mewujudkan realisasi serapan anggaran ini membutuhkan kerja keras dan banyak kendala, namun kita optimis serapan anggaran agar berjalan lancar dan maksimal,” katanya.(nov/10)

Related posts