by

20 Peserta Seleksi Lelang JPT Pratama Ikut Assessment

Sebanyak 20 Peserta Lelang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama sedang mengikuti tes assessment di Ruang CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jum’at (20/4/2018). (Foto: dny)

MANGGAR – Sebanyak 20 orang peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kabupaten Belitung Timur mengikuti tes assessment di Ruang CAT Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Jum’at (20/4/2018).

Para calon Kepala Dinas BKPSDM, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB) dan Dinas Satuan Polisi Pamong Praja ini, akan mengikuti tes assessment selama dua hari, dari Jum’at hingga Sabtu (21/4/2018) Besok. Tak terlihat kelelahan meski sejak pagi sudah mulai tes assessment.

Dari pantauan, Jum’at (20/4/2018) sore, mereka tampil dengan berpakaian kemeja putih, celana panjang hitam dan berdasi. Mereka pun tampak tenang dan serius mengerjakan soal yang diberikan.

Koordinator Assesor, Suryadi Utomo mengatakan, tes dimulai sejak pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Di hari pertama ini, mereka menjalani tes phisikometri.

“Selama dua hari ini mereka mengikuti asessment kompetensi majerial. Di hari pertama ini kita lakukan penilaian terhadap potensi-potensi yang bersangkutan, lewat test phisikometri,” jelas Suryadi.

Di hari kedua, tim assesor akan memberikan tes kompetensi manajerial. Tes dilakukan melalui simulasi-simulasi.

“Beragam perilaku dapat diobservasi melalui tes ini. Selanjutnya dicatat dan dimasukkan dalam kategori sesuai dengan model kompetensi kriteria dasar,” terang suryadi.

Suryadi mengatakan, tes assessment tersebut sifatnya umum dan wajib diikuti oleh peserta seleksi dari berbagai lamaran JPTP. Nantinya ada tes khusus untuk membagi kesesuaian dalam jabatan yang dilamar.

“Kalau ini testnya manajerial umum. Kalau untuk itu jabatan yang dilamar, beda lagi sesinya. Kewenangan pansel yang akan spesifik pembidangan masing-masing pekerjaan,” kata Suryadi.

Assesor dari Konsultan Indepandent itu menyatakan hasil penilaian akan diketahui 10 hari hingga maksimal dua minggu setelah tes. Penilaian akan diberikan langsung kepada panitia seleksi (pansel).

“Kita hanya membantu di proses penilaian. Target prosentase penilaian keseluruhan itu nanti pansel yang memutuskan,” ujarnya. (dny/3).

Comment

BERITA TERBARU