19 Sampel Ikan di Tiga Pasar Toboali Bebas Formalin

  • Whatsapp

TOBOALI – Menjelang akhir tahun biasanya permintaan ikan meningkat. Sebagai upaya preventif dan dalam rangka menjamin keamanan bahan pangan ikan aman serta layak untuk dikonsumsi, Bidang Perikanan bekerja sama dengan Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan (LPPMHP) Dinas Kelautan Provinsi Bangka Belitung melakukan pengambilan 19 sampel ikan di beberapa pasar Toboali, Jum’at (15/12/2017).

Muat Lebih

Tiga pasar yang diambil sampel antara lain Pasar Rakyat Toboali, Pasar Pelataran Terminal, dan Pasar Sukadamai. Demikian dikatakan Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan drh Suhadi melalui Kepala Bidang Perikanan, Abdul Haq kepada wartawan tadi sore.

Hasilnya, dari 19 sampel ikan yang diuji tidak terdapat kandungan formalin atau negatif formalin.

“DP3 Basel bekerja sama dengan LPPMHP Dinas Kelautan Provinsi Babel melakukan pengujian formalin pada ikan segar, kita ambil sampelnya di tiga pasar, ada 19 ekor ikan sampel yang kita uji dan hasilnya Alhamdulillah, tidak ditemukan kandungan formalin,” ujarnya.

Abdul Haq mengajak semua pihak agar tetap menjaga hasil perikanan laut Bangka Selatan aman dari kandungan formalin.

“Mari kita sama-sama menjaga agar hasil perikanan laut Bangka Selatan agar tidak dicampur dengan formalin, supaya terlihat masih bagus, padahal jika dikonsumsi apalagi berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kangker,” pungkas Abdul Haq. (raw)

Pos terkait