Tugu Simpang Lima Percantik Kota Beribu Senyuman

  • Whatsapp

 

Read More

RAKYATPOS.COM,PANGKALPINANG – Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Kota Pangkalpinang menghadirkan Tugu Simpang Lima yang dibangun di Jalan Theresia Pangkalpinang.

Kepala Dinas Perkim Miego mengaku, Tugu Simpang Lima sengaja dihadirkan untuk mendukung Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil untuk mempercantik Ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Katanya, Tugu itu adalah hasil kerja tim perencana Dinas Perkim. Miego menjelaskan Tugu itu menggunakan lambang senjata alat tradisional Bangka Belitung yakni parang berjumlah lima buah identik dengan lokasi tersebut yaitu Simpang Lima. Sebab lokasi dibangunnya Tugu memiliki lima simpang.

“Kita ingin mempercantik Pangkalpinang juga menunjukkan kepada masyarakat Pangkalpinang dan luar Pangkalpinang bahwa di Pangkalpinang juga ada Simpang Lima. Tugu tematik ini berwarna putih bebentuk alat senjata parang. Senjata tradisional kita. Ketika malam hari memancarkan cahaya,”ujar Miego.

Dia menjelaskan pembangunan Tugu tersebut menggunakan dana APBD Pangkalpinang dengan nilai Rp190 juta. Katanya, pembangunan itu diharapkan memberikan efek positif bagi Kota Pangkalpinang.

“Kita berharap nantinya dengan ada tugu tersebut dapat diterima dan dijaga oleh masyarakat, untuk mempercantik dan memperindah kota Pangkalpinang yang merupakan komitmen Walikota Pangkalpinang sesuai tagline Kota Pangkalpinang, Kota beribu senyuman,”jelasnya.

Selain itu, tegas Miego, Tugu Simpang Lima itu memberi suasana baru di lokasi tersebut. Diakui Miego, tugu yang lama sudah pudar dan terkesan kumuh. Untuk itu perlu dibangun Tugu Simpang Lima.

Dia menambahkan Tugu ini direncanakan dapat memberi tempat baru, spot bagi masyarakat untuk berwisata dan berselfi.

“Yang pasti kita ingin Tugu ini memberi kesan bahwa belum ke Pangkalpinang kalau belum berkunjung atau berfoto di tugu simpang lima. Apalagi banyak orang yang tidak menyadari bahwa di daerah situ memiliki Simpang Lima. Semoga para wisatawan baik dari Lokal maupun nasional menyenangi Tugu ini,”tukasnya. (Bum/7)

Related posts