17.582 Siswa SMA/SMK Ikut UNBK

  • Whatsapp

Mulai Digelar 25 Maret
100 Persen Pakai Sistem CAT

PANGKALPINANG – Sebanyak 17.582 siswa SMA/SMK dan MA dari 149 sekolah di Provinsi Bangka Belitung (Babel) bakal ikut Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK jenjang SMK akan dilaksanakan pada 25, 26, 27 dan 28 Maret 2019, sementara untuk jenjang SMA dan MA pada 1,2,4 dan 8 April 2019.

“Dari 149 sekolah ini terdiri dari SMA 68 sebanyak sekolah, SMK ada 56 sekolah dan MA sebanyak 26 sekolah. Jumlah peserta UNBK ini, terdiri dari siswa SMA sebanyak 8.556 orang, SMK ada 7.568 orang dan MA sebanyak 1.458 peserta,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Babel, M. Soleh kepada wartawan, Senin (18/3/2019).

Menurut Soleh, untuk mata pelajaran yang diujikan pada UN untuk SMK adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Uji Kompetensi Keahlian dan untuk SMA yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Program Jurusan.

Pada pelaksanaan UN tahun ini, karena 100 persen menggunakan komputer, dia meminta selama pelaksanaan UNBK dan UASBN ini, di dukung oleh listrik dari PLN dengan tidak adanya pemadaman listrik.

“PLN kita minta tidak ada pemadaman aliran listrik kecuali faktor alam, sedangkan untuk jaringan kita juga sudah menyampaikan ke Telkom untuk dapat menjaga kehandalan jaringannya supaya tidak lemot,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi server rusak akibat tersambar petir atau gangguan cuaca, Disdik Provinsi Babel, lanjut Soleh, sudah mempersiapkan satu server cadangan di setiap sekolah yang akan menggelar UNBK. “Satu server satu sekolah ini kita persiapkan sehingga UNBK tidak terganggu, ketika ada kondisi darurat,” imbuhnya.

Selain server cadangan, pihaknya pun mempersiapkan empat komputer cadangan di setiap ruang untuk antisipasi adanya komputer yang rusak. Begitu pula dengan proktor dan teknisinya yang juga dipersiapkan.(nov/10)

Related posts