1500 Petani Rembuk di Alun-alun

  • Whatsapp

21-24 September 2019

Pangkalpinang – Kepala Dinas Pertanian Pemprov Babel, Toni Batubara mengatakan, pada rembuk Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat nasional ke-47 mendatang, sebanyak 1.500 petani dari seluruh Indonesia akan berkumpul di Alun-alun Taman Merdeka, dan menggelar KTNA Expo IV pada 21-24 September 2018.
“Kita terus berkoordinasi untuk pelaksanaan KTNA ini, semua persiapan pelaksanaan kita maksimalkan, agar nantinya pada saat rembuk berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Toni.
Dengan dijadikannya Babel sebagai tuan rumah, akan memberikan ruang bagi Babel untuk mempromosikan daerah dan dikenal oleh masyarakat luas, terutama pada sektor pertanian dan pariwisata.
“Disini kita juga menunjukkan keunggulan sektor pertanian, perkebunan dan pariwisata daerah,” imbuhnya.
Rembuk nasional KTNA ini, lanjut Toni merupakan sarana bagi para pelaku bidang pertanian untuk saling berdiskusi dan berkonsolidasi, untuk menemukan solusi yang baik dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dalam dunia pertanian berskala daerah maupun nasional.
“Selain itu, sebagai upaya dan konsolidasi untuk pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Petani Nelayan ke-17 yang akan dilaksanakan di Bangka Belitung 2023 mendatang,” ujarnya.
Dalam rembuk ini, para peserta yang notabennya dari petani dan organisasinya akan membahas terkait permasalahan harga komoditi hortikultura, langkah memperkuat peternakan dalam negeri, serta strategi dalam pemasaran global serta seminar temuan atau inovasi terbaru tentang pertanian.
Toni menambahkan, selain membahas berbagai isu dan mencari solusi bersama, dalam KTNA ini juga akan dibentuk asosiasi cabai, paparan dari setiap asosiasi tanaman hortikultura (jagung, padi, bawang merah).
“Kita juga akan menggelar ekspo atau pameran pertanian, pariwisata, sepeda santai, serta lomba kicau burung,” ulasnya.(nov/6)

Related posts