by

14 Parpol Lulus Penelitian Administrasi Pemilu 2019

KOBA – Berita berjudul “KPU Tetapkan 17 Parpol Lulus Verifikasi” edisi Rakyat Pos Rabu (13/12/2017) terjadi kesalahan dalam penulisan, seharusnya 14 parpol bukan 17 parpol dinyatakan lulus dalam tahapan penelitian administrasi peserta Pemilu 2019.

“Ada 14 parpol yang lulus tahap penelitian administrasi dan telah dituangkan dalam berita acara. Jadi, bukan 17 parpol, maka saya perlu meluruskan informasi tersebut,” ujar Rusdi, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Bateng, Rabu (13/12/2017).

Dikatakannya, dari 14 Parpol tersebut, 8 parpol memenuhi syarat meliputi PKB, PPP, PKS, PAN, Demokrat, Hanura, Nasdem, dan Gerindra. Sedangkan 6 parpol yang sebelumnya dalam perbaikan penelitian administrasi yakni Partai Golkar, PDIP, Garuda, Berkarya, PSI, dan Perindo.

“Ada 6 parpol yang menyampaikan perbaikan parpol yakni 2 Parpol lama PDIP dan Golkar menyampaikan perbaikan kepengurusan parpol tingkat kecamatan. Kemudian 4 parpol baru yakni Garuda, Berkarya, PSI, dan Perindo menyampaikan perbaikan keanggotaan parpol. Setelah diperbaiki, maka 6 parpol tersebut dinyatakan memenuhi syarat penelitian administrasi untuk memenuhi syarat minimal keanggotaan parpol,” ungkapnya.

Ia menegaskan, kelulusan Parpol sebagai peserta Pemilu 2019 ditetapkan oleh KPU RI, sedangkan wewenang KPU Bateng hanya melakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol.

“KPU Bateng hanya melaksanakan tahapan penelitian administrasi dan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol yang dituangkan dalam berita acara, selanjutnya disampaikan ke KPU Provinsi dan KPU RI,” tukasnya. (ran/3).

Comment

BERITA TERBARU